PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GUBUG TAHUN AJARAN 2014/2015


Widowati Widowati , 3101411082 (2015) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GUBUG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 1 Gubug menunjukkan bahwa minat belajar siswa kelas X cukup rendah, sehingga perlu dilakukan pembelajaran yang lebih variatif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model Project-Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model ProjectBased Learning pada pembelajaran sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gubug, mengetahui pengaruh penerapan model Project-Based Learning terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gubug, serta mengetahui dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik model Project-Based Learning mampu meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gubug. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain True eksperimental design bentuk Pretest-posttest Control Group Design yaitu menempatkan subjek penelitian ke dalam dua kelompok (eksperimen dan kontrol) yang dipilih secara acak. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 1 Gubug tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dan dipilih siswa kelas X MIA 5 dan X MIA 6 sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data penelitian dilakukan dalam dua hal yaitu analisis instrumen dan analisis data penelitian. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas angket uji coba, sedangkan analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata data pretestposttest dan uji regresi untuk data posttest. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui penerapan model Project-Based Learning meliputi tahap penyajian pertanyaan esensial, perencanaan, penjadwalan, pembuatan proyek, monitoring, penilaian, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen yaitu 78,85 dan kelas kontrol 69,27. Hasil uji regresi menunjukkan nilai t = 10,398 dan ttabel = 2,022 karena thitung > ttabel, maka regresi berarti. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model ProjectBased Learning berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Koefisien determinasinya diperoleh = 0,740. Hal ini berarti skor minat belajar siswa 74,0 % dipengaruhi model Project-Based Learning dan sisanya 26,0% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Aspek-aspek yang dicapai dalam pembelajaran Project-Based Learning meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pencapaian aspek kognitif mencapai 13,90, aspek afektif mencapai 42,50%, dan aspek psikomotorik mencapai 40%. Penerapan model Project-Based Learning berpengaruh terhadap minat belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gubug, sehingga diharapkan guru bisa mengembangkan proses pembelajaran menggunakan model Project-Based Learning sebagai salah satu model pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Gubug.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Project-Based Learning, Minat Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Users 33446 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 11:59
Last Modified: 04 Dec 2015 11:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22735

Actions (login required)

View Item View Item