PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF SEJARAH MATERI AKULTURASI KEBUDAYAAN NUSANTARA DENGAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDHAKELAS X SMA NEGERI 3 DEMAK


Prasetyaning Budi Utami , 3101411080 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF SEJARAH MATERI AKULTURASI KEBUDAYAAN NUSANTARA DENGAN KEBUDAYAAN HINDU-BUDHAKELAS X SMA NEGERI 3 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3101411080.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah perlunya dikembangkan media pembelajaran CD interaktif sejarah materi akulturasi kebudayaan Nusantara dengan kebudayaan Hindu-Budha karena minimnya penggunaan media yang variatif dan menarik.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran di SMA Negeri 3 Demak, menguji kelayakan dan kefektifan CD interaktif sejarah materi akulturasi kebudayaan Nusantara dengan Kebudayaan Hindu-Budha. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D).Penelitian melalui tahapan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi pakar, revisi, uji coba produk. Uji coba produk dilakukan pada 71 siswa kelas X SMA Negeri 3 Demak menggunakan desain pre-test post-test control group dengan kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan media CD interaktif dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan mdia diperoleh data bahwa media yang digunakan oleh guru adalah power point, gambar dan video. Siswa kurang aktif dan termotivasi dalam belajar, sehingga membutuhkan media yang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, serta membantu siswa untuk belajar secara mandiri dengan mengatur pola belajarnya sesuai kebutuhan. Media CD interaktif sejarah materi akulturasi kebudayaan Nusantara dengan kebudayaan Hindu-Budha dikembangkan dengan memadukan softwaremicrosoft power point dengan microsoft visual basic yang berisi tiga komponen yaitu materi, kuis dan tugas. Penilaian ahli menunjukkan bahwa CD interaktif sejarah materi akulturasi kebudayaan Nusantara dengan kebudayaan Hindu-Budha sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil uji coba menunjukkan tidak adanya perbedaan hasil pre-test pada kelas eksperimen dengan rata-rata 67,73 dan kelas kontrol dengan rata-rata 68,01 dan kedua rata-rata tersebut tidak memenuhi KKM 75, sedangkan hasil post-test menujukkan adanya perbedaan. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 88,98< 75 (tuntas), rata-rata kelas kontrol sebesar 83,20 (tuntas). Dari hasil pre-test dan pos-test terlihat adanya peningkatan hasil belajar, kelas eksperimen mengalami peningkatan 31,4% sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan 22,3%. Persentase penilaian aktivitas siswa pada kelas eksperimen sebesar 80% (aktif), kelas kontrol sebesar 60% (kurang aktif). Guru dan siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan CD interaktif. Jadi, media CD interaktif sejarah materi akulturasi kebudayaan Nusantara dengan kebudayaan Hindu-Budha layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD Interaktif, media pembelajaran, akulturasi kebudayaan Nusantara, kebudayaan Hindu Budha
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D111 Medieval History
D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Users 33446 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 12:01
Last Modified: 04 Dec 2015 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22730

Actions (login required)

View Item View Item