Pengaruh Minat dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bae Kudus.


Prima Dyah Mustikawati, 3301405548 (2009) Pengaruh Minat dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bae Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Minat dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bae Kudus.]
Preview
PDF (Pengaruh Minat dan Cara Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bae Kudus.) - Published Version
Download (10MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar sangat penting sekali sebagai indikator keberhasilan baik bagi seorang guru maupun siswa. Minat memiliki kedudukan penting bagi proses belajar mengajar, dengan minat yang tinggi maka siswa akan memperoleh prestasi belajar yang tinggi pula. Seseorang yang mempunyai minat dalam belajar akan berusaha mencurahkan segenap kemampuannya untuk menguasai ilmu yang dipelajari agar mencapai hasil belajar yang optimal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1). Adakah pengaruh minat dan cara belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bae Kudus, 2). Seberapa besar pengaruh minat belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bae Kudus, 3). Seberapa besar pengaruh cara belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bae Kudus. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 2 Bae Kudus berjumlah 172 yang berasal dari kelas XI IPS 1 sampai XI IPS 4. Sampel dalam penelitian ini adalah 63 Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bae Kudus dengan menggunakan tehnik proporsional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolineritas, uji heterokedasitas, uji hipotesis dengan uji F dan uji t. Hasil secara parsial menunjukkan bahwa variabel minat memberikan pengaruh lebih kecil terhadap prestasi belajar siswa yaitu sebesar 4,67% dibandingkan variabel cara belajar yaitu sebesar 12,6%. Hasil secara simultan menunjukkan bahwa minat dan cara belajar secara bersama-sama mempengaruhi prestasi belajar akuntansi sebesar 14,4% dan sisanya 85,6% dipengaruhi faktor lainnya. Minat menjadi pedoman bagi individu untuk mencapai kesuksesan dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki peran yang penting dalam kemampuan akademik seseorang dan hendaknya siswa dapat menentukan cara belajar yang efektif bagi dirnya sendiri, agar mempermudah dalam menguasai suatu materi dengan utuh serta tidak hanya mau belajar pada saat ada tes saja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Minat, dan Cara Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 May 2011 02:54
Last Modified: 25 Apr 2015 04:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2273

Actions (login required)

View Item View Item