PENGARUH PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA LKS WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KRAMAT TAHUN AJARAN 2014/2015


M. Bogas Purnama , 3101411073 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN MEDIA LKS WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KRAMAT TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3101411073.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di SMA N 1 Kramat menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran, guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga guru belum dapat membuat siswa lebih aktif dan mampu mengemukakan pendapatnya, dimana keterlibatan siswa dalam pembelajaran dapat berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran Make A Match dan media LKS Word Square. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendapatkan gambaran tahapan-tahapan dari penerapan model pembelajaran Make A Match dan media LKS Word Square pada pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Kramat (2) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Make A Match dan media LKS Word Square terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Kramat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 Kramat Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 120 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumen. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh rata-rata nilai post test kelas eksperimen yaitu 78,82 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 64,44. Hasil uji hipotesis (uji t dan uji regresi sederhana) nilai post test diperoleh nilai signifikansi (0,00) < taraf signifikansi(0,05), yang berarti ada perbedaan hasil belajar sejarah kelas eksperimen dengan kelas kontrol, sedangkan uji regresi linear sederhana diperoleh rhitung > rtabel = 0,551 > 0,355 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti ada pengaruh model pembelajaran Teknik Mencari Pasangan (Make A Match) dengan Media LKS Word Square terhadap hasil belajar sejarah. Koefisien determinasinya adalah 0,303. Hal ini berarti 30,3% hasil belajar sejarah siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran Teknik Mencari Pasangan (Make A Match) dengan Media LKS Word Square, sisanya 69,7% dipengaruhi oleh fakor lain. Presentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas eksperimen yaitu 80,64% ≥ 75 %, sedangakan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal kelas kontrol mencapai 23,33% < 75%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar dengan model pembelajaran Make A Match dengan media LKS Word Square telah mencapai ketuntasan hasil belajar klasikal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Make A Match dengan Media LKS Word Square, Hasil Belajar
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: Users 33446 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 12:01
Last Modified: 04 Dec 2015 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22728

Actions (login required)

View Item View Item