PENGARUH BIOETANOL TERHADAP LAMBDA DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR EMPAT TAK SATU SILINDER BERBAHAN BAKAR PREMIUM


Mukhamad Fauzi, 5201410026 (2015) PENGARUH BIOETANOL TERHADAP LAMBDA DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR EMPAT TAK SATU SILINDER BERBAHAN BAKAR PREMIUM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BIOETANOL TERHADAP LAMBDA DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR  EMPAT TAK SATU SILINDER BERBAHAN BAKAR PREMIUM]
Preview
PDF (PENGARUH BIOETANOL TERHADAP LAMBDA DAN EMISI GAS BUANG PADA SEPEDA MOTOR EMPAT TAK SATU SILINDER BERBAHAN BAKAR PREMIUM) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Mukhamad Fauzi, 2015. Pengaruh Bioetanol Terhadap Lambda dan Emisi Gas Buang pada Sepeda Motor Empat Tak Satu Silinder Berbahan Bakar Premium, Drs. Ramelan, M.T. Kelangkaan bahan bakar minyak dan kualitas udara yang semakin memburuk memberikan pengaruh terhadap kehidupan. Meningkatnya volume kendaraan menambah kedua permasalahan menjadi semakin parah. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan bahan bakar alternatif yaitu bioetanol. Permasalahan yang dimunculkan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana pengaruh komposisi bioetanol terhadap perubahan lambda dan kandungan emisi gas buang sepeda motor empat tak satu silinder berbahan bakar premium? (2) pada komposisi campuran bioetanol dan premium berapakah kendaraan dapat menghasilkan emisi gas buang yang baik? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh konsentrasi bioetanol yang ditambahkan pada bahan bakar terhadap lambda dan emisi gas buang pada sepeda motor empat tak satu silinder berbahan bakar premium, dan (2) melakukan kajian eksperimental lambda dan hasil pembakaran dari bahan bakar premium dan campuran bioetanol-premium pada tiap varian untuk menentukan jumlah kandungan bioetanol yang tepat yang ditambahkan pada premium supaya menghasilkan emisi gas buang yang baik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan statistika deskriptif. Variabel bebas yang digunakan adalah bahan bakar E0, E10, E20, E30, E40, dan E50. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah lambda dan kandungan emisi gas buang. Variabel kontrol dalam penelitian ini adalah sepeda motor empat tak satu silinder bersama spesifikasinya, temperatur oli mesin 60-80 v o C, dan variasi putaran mesin 1500, 2000, dan 2500 rpm. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pencampuran bioetanol pada premium terhadap kandungan emisi gas buang dan lambda. Kandungan emisi CO terendah diperoleh dari penggunaan E50 pada putaran 2500 rpm sebesar 1,16 %vol. Kandungan emisi HC terendah diperoleh dari penggunaan E20 pada putaran 2500 rpm sebesar 85 ppm vol, jadi hasil penelitian ini masih baik karena di bawah nilai ambang batas berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 05 Tahun 2006. Nilai lambda mengalami peningkatan seiring jumlah konsentrasi bioetanol yang ditambahkan ke premium, namun mendekati ideal seiring putaran mesin yang meningkat. Penambahan bioetanol yang efektif untuk menurunkan kadar emisi maksimal 20%.Saran dari penulis untuk peneliti yang akan melakukan penelitian sejenis atau pengembangan terhadap rancangan ini, disarankan untuk dapat melakukan modifikasi pada sistem bahan bakar, pengapian, dan konstruksi mesin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bioetanol, Emisi gas buang, Lambda.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Users 33463 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 12:06
Last Modified: 11 Apr 2018 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22727

Actions (login required)

View Item View Item