PENERAPAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMK NEGERI 1 BAWEN
Sofiyatu Rahmi , 3301411105 (2015) PENERAPAN EDMODO UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMK NEGERI 1 BAWEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pemanfaatan dan pengembangan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) wajib dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran agar relevan dengan perkembangan zaman (Arsyad, 2005:180). Banyak pilihan bagi praktisi pendidik untuk memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajarannya, antara lain: Macromedia Flash Player, Camtasia, dan Edmodo. Edmodo merupakan salah satu multimedia yang menawarkan sistem pembelajaran yang aktif bagi siswa dalam belajar terutama dalam membentuk kemandirian siswa dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dalam penelitian ini, yang menjadi fokus pembahasan adalah (1) penerapan pembelajaran PPKn dengan menggunakan Edmodo di kelas X TPHP A SMK Negeri 1 Bawen dan (2) apakah penerapan Edmodo pada mata pelajaran PPKn efektif memperkuat sikap kemandirian belajar siswa kelas X TPHP A SMK Negeri 1 Bawen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dan bentuk desain dalam penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Dengan desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol, kemudian diberi pre test untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setelah dilaksanakan treatment, kemudian diberi post test untuk mengetahui kondisi akhir dari kelompok eksperimen maupun kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TPHP (A, B, C, dan D) dan X ATU semester genap di SMK Negeri 1 Bawen tahun pelajaran 2014/2015. Sedangkan sampelnya adalah kelas X TPHP A sebagai kelas eksperimen dan kelas X ATU sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan Edmodo dalam pembelajaran PPKn pada kelas X TPHP A SMK Negeri 1 Bawen menjadikan siswa lebih antusias mengikuti kegiatan pembelajaran, lebih terampil dalam mencari sumber belajar maupun mengerjakan tugas, dan hasil belajar meningkat. (2) sikap kemandirian belajar siswa meningkat secara signifikan setelah diterapkan pembelajaran PPKn dengan menggunakan Edmodo pada siswa kelas X TPHP A dibandingkan X ATU sebagai kelas kontrol. Berhubung Edmodo bisa meningkatkan sikap kemandirian belajar siswa, maka saran yang dapat diberikan adalah (1) sekolah menyediakan berbagai fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Edmodo, (2) sekolah mengadakan pelatihan untuk guru tentang penerapan pembelajaran dengan menggunakan Edmodo, dan (3) guru hendaknya mempunyai kesadaran yang tinggi untuk menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Edmodo disetiap mata pelajarannya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Kemandirian Belajar Siswa dan Edmodo |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 22794 not found. |
Date Deposited: | 04 Dec 2015 11:58 |
Last Modified: | 04 Dec 2015 11:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22720 |
Actions (login required)
View Item |