PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA GAMBAR PROYEKSI EROPA


M. Nur Al Khadik , 5201408071 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA GAMBAR PROYEKSI EROPA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG  TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA GAMBAR PROYEKSI EROPA ]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA GAMBAR PROYEKSI EROPA ) - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

M Nur Al Khadik. 2015. Pengaruh Penggunaan LKS Bergambar Melalui ModePembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Membaca Gambar Proyeks Eropa. Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas NegerSemarang. Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang PengaruhPenggunaan Model Pembelajaran Langsung Berbantuan LKS Bergambar Diserta Teks Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Membaca Gambar Proyeksi. Penelitiaini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan LKS bergamba melalui model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar membaca gambaproyeksi Eropa, serta untuk mengetahui seberapa besarpeningkatan hasil belajrmembaca gambar proyeksi dengan menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan lks bergambar disertai teks dibanding kandengan menggunakan medi konkret. Penelitian ini menggunakandesain eksperimen jeniscontrol two group pretest-posttest design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKRSMK Negeri 3 Semarang yang terbagi dalam tiga kelas yaitu XTKR1, XTKR2,dan XTKR3. Penelitian yang dilakukan hanya dua kelas yang diambilsecaraacakdan didapat siswa kelas XTKR3 sejumlah 30 siswa sebagakelas eksperimen dan siswa kelas XTKR2 sejumlah 30 siswa sebagai kela kontrol.Rata-rata hasil belajar memebaca gambar proyeksi yang diperoleh kelaeksperimen, yaitu kelas yang menggunakan LKS bergambar melalui modepembelajaran langsung mengalami peningkatan sebesar 22,47, yang mulanya 53,2 menjadi 75,67. Sedangkan rata-rata nilai kelas kontrol yang menggunakan modepiston hanya mengalami peningkatan sebesar 11,67, yang mulanya 53,5 menjad 65,17. Dari hasil uji analisis juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajamembaca gambar proyeksi Eropa setelah menggunakan LKS bergambar melaluimodel pembelajaran langsung yaitu( ) ( ) .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Langsung, LKS Bergambar, Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, D3
Depositing User: Users 33463 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2015 12:07
Last Modified: 04 Dec 2015 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22713

Actions (login required)

View Item View Item