PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG


BUDI WINOTO, 1401410396 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL THINK TALK WRITE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SDN SEKARAN 02 SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Berdasarkan refleksi awal di SDN Sekaran 02 ditemukan masalah dalam pembelajaran menulis di kelas IV. Hal ini disebabkan metode pembelajaran kurang variatif, penggunaan media kurang optimal, dan minat siswa dalam menulis rendah. Penerapan model think talk write berbantuan media gambar seri digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi di kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diterapkan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sekaran 02 Semarang. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan nontes. Analisis data melalui teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 23 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II memperoleh skor 29 dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 27,1 dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II sebesar 36,8 dengan kriteria sangat baik; (3) ketuntasan klasikal keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I sebesar 66,66% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II sebesar 85,18% dengan kriteria baik sekali Simpulan dari peneliti adalah penerapan model think talk write berbantuan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan guru diantaranya keterampilan bertanya, keterampilan menjelaskan, membentuk kelompok, variasi media, membimbing menulis karangan narasi; aktivitas siswa diantaranya aktivitas visual, lisan, menulis, mendengarkan, mental, dan emosional serta keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Peneliti memberikan saran pada guru hendaknya membentuk kelompok yang terdiri 3-4 siswa, mengefektifkan waktu dan memaksimalkan penggunaan media gambar seri dengan berbagai variasi warna, ukuran dan isi cerita.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: gambar seri, karangan narasi, model think talk write
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 33364 not found.
Date Deposited: 12 Jan 2016 11:12
Last Modified: 12 Jan 2016 11:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22707

Actions (login required)

View Item View Item