PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IVA SDN TAWANGMAS 01 KOTA SEMARANG

ANI LESTARI, 1401410164 (2015) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IVA SDN TAWANGMAS 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IVA SDN TAWANGMAS 01 KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (7Mb)

    Abstract

    embelajaran IPS di SD bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dasar siswa dalam kehidupan sosial. Pembelajaran yang ideal pelaksanaannya harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Berdasarkan hasil refleksi ditemukan permasalahan rendahnya kualitas pembelajaran IPS yaitu keterampilan guru kurang dalam bertanya dan mengadakan variasi, kurangnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran, hasil belajar IPS rendah dengan persentase ketuntasan 36%. Penerapan model Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS KD 2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya pada siswa kelas IVA SDN Tawangmas 01 Kota Semarang?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran pada siswa kelas IVA SDN Tawangmas 01 Kota Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Tawangmas 01 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 21 kategori cukup, siklus II memperoleh skor 28 kategori baik dan siklus III memperoleh skor 34 kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 27,01 kategori baik, siklus II memperoleh rata-rata skor 30,27 kategori baik dan siklus III memperoleh rata-rata skor 34,29 kategori sangat baik. (3) Hasil belajar siswa siklus I memperoleh ketuntasan klasikal 62%, pada siklus II menjadi 79%, dan meningkat pada siklus III menjadi 92%. Simpulan penelitian ini adalah melalui model Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS siswa kelas IVA SDN Tawangmas 01 Kota Semarang. Saran bagi guru adalah model Snowball Throwing berbantuan media video pembelajaran diharapkan dapat menjadi solusi dalam memecahkan permasalahan pembelajaran IPS maupun mata pelajaran lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS, snowball throwing, video pembelajaran
    Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: radi perpustakaan unnes
    Date Deposited: 23 Nov 2015 13:03
    Last Modified: 23 Nov 2015 13:03

    Actions (login required)

    View Item