PENGEMBANGAN KARTU CESAR (CERDAS AKTIF RELIGIUS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DAN KARAKTER SISWA KELAS VIII MTs AL IRSYAD GAJAH DEMAK
Liya Lutfiyatul Hidayah, 2303411041 (2015) PENGEMBANGAN KARTU CESAR (CERDAS AKTIF RELIGIUS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DAN KARAKTER SISWA KELAS VIII MTs AL IRSYAD GAJAH DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN KARTU CESAR (CERDAS AKTIF RELIGIUS) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB DAN KARAKTER SISWA KELAS VIII MTs AL IRSYAD GAJAH DEMAK )
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Pada umumnya membaca bukanlah hal yang sulit, namun pada kenyataanya sering kali jarang di praktekkan oleh siswa. Hal penting yang sering diabaikan dalam pembelajaran membaca, yaitu adanya nilai-nilai karakter yang dapat memperbaiki kepribadian siswa. Oleh karena itu, guru harus menerapkan strategi pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berupa kartu CESAR. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini: 1) bagaimana gambaran media pembelajaran Bahasa Arab yang saat ini ada di MTs Al Irsyad Gajah Demak? 2) Bagaimana media pembelajaran Bahasa Arab yang berupa kartu CESAR yang sesuai kebutuhan siswa dan guru? 3) Bagaimana prototipe dan uji ahli media kartu CESAR?. Tujuan penelitian ini: untuk mendeskripsikan gambaran media pembelajaran bahasa Arab yang saat ini ada di MTs Al Irsyad Gajah Demak, mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap media pembelajaran Bahasa Arab yang berupa kartu CESAR, mendeskripsikan prototipe dan uji ahli media kartu CESAR. Penelitian ini merupakan penelitian R & D meliputi lima tahapan: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi desain. Pengambilan data dalam penelitian ini melalui non tes berupa observasi, wawancara, dan angket. Prototipe media kartu CESAR terdiri atas enam kartu per tema, dengan rincian satu kartu untuk pengantar misalnya pengenalan kartu, cara penggunaan, nilai karakter yang berkaitan dengan tema. Satu kartu terdiri atas tata bahasa Arab dan kosakata, dan empat buah kartu terdiri atas materi bacaan, nilai karakter, dan evaluasi. Penilaian terhadap prototipe dikategorikan sangat baik, dengan penilaian rata-rata sebesar 83,55.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kartu CESAR, Karakter, Keterampilan membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 18:03 |
Last Modified: | 23 Nov 2015 18:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22669 |
Actions (login required)
View Item |