WAYANG EDUKATIF: MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VII MTs


Mahmudah, 2303411025 (2015) WAYANG EDUKATIF: MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VII MTs. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of WAYANG EDUKATIF: MEDIA PEMBELAJARAN  KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VII MTs ]
Preview
PDF (WAYANG EDUKATIF: MEDIA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS VII MTs ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu keterampilan berbahasa adalah berbicara. Pada umumnya berbicara bukanlah hal yang sulit, namun pada kenyataannya sering kali jarang dipraktekkan oleh siswa, terutama para siswa SMP/MTs. Hal ini terjadi karena faktor internal maupun dari faktor eksternal siswa. Dengan demikian, peneliti memberikan solusi yang diharapkan mampu membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab, yaitu dengan memanfaatkan wayang edukatif. Sebuah inovasi baru yang dikemas secara menarik, dengan tujuan untuk menjadikan siswa gemar berbicara bahasa Arab. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu 1) bagaimana kebutuhan guru dan siswa terhadap media wayang edukatif yang sesuai kurikulum? 2) bagaimana prototipe media wayang edukatif? 3) bagaimana penilaian para ahli, guru dan dosen pembimbing terhadap prototipe wayang edukatif?. Desain penelitian ini adalah desain Research and Development (R&D). Data diambil dari hasil wawancara, observasi, dan angket kebutuhan yang disebar kepada guru dan siswa sebelum penyusunan prototipe media wayang edukatif, serta angket penilaian ahli, guru, dan dosen pembimbing terhadap prototipe media wayang edukatif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) semua responden atau guru dan siswa sangat membutuhkan media keterampilan berbicara bahasa Arab. 2) prototipe wayang edukatif dikemas dalam satu paket yang berisi tokoh wayang, panggung, background, kosakata, dan dialog dengan tema Al „Unwan, Baitiy, Usrotiy, 3) penilaian para ahli, guru dan dosen pembimbing terhadap prototipe wayang edukatif dengan jumlah nilai rata-rata 3,83 termasuk kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: wayang edukatif, keterampilan berbicara bahasa Arab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2015 18:05
Last Modified: 23 Nov 2015 18:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22667

Actions (login required)

View Item View Item