ANALISIS KOHESI LEKSIKAL PADA IKLAN KOMERSIAL BAHASA JEPANG


Novita Ernawati , 2302911019 (2015) ANALISIS KOHESI LEKSIKAL PADA IKLAN KOMERSIAL BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KOHESI LEKSIKAL PADA IKLAN KOMERSIAL BAHASA JEPANG]
Preview
PDF (ANALISIS KOHESI LEKSIKAL PADA IKLAN KOMERSIAL BAHASA JEPANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu alat komunikasi tidak langsung adalah iklan.Dalam penyampaiannya, iklan dapat ditampilkan dalam berbagai media, salah satunya adalah media cetak berupa majalah. Kata atau kalimat dalam media cetak memegang peranan penting dalam menyampaikan pesan itu sendiri, sehingga antar kalimat yang satu dengan yang lain saling berpadu. Kepaduan tersebut dibentuk oleh kohesi.Kohesi ini juga digunakan dalam bahasa iklan, misalnya pada wacana iklan komersial.Salah satu contoh iklan komersial tersebut terdapat di dalam majalah Bahasa Jepang yang bernama PS (Pretty Style).Di dalam majalah ini ditemukan penggunaan kohesi, terutama kohesi leksikal.Untuk memahami bahasa iklan biasanya mahasiswa bahasa Jepang merasa kesulitan, kesulitan ini terjadi karena mungkin mereka mangartikannya satu per satu, tidak mau memahami bagian-bagian penting seperti kohesi leksikalnya.Padahal dengan memahami kohesi leksikalnya mereka dengan cepat bisa memahami kalimat di dalam iklan.Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan penelitian tentang kohesi leksikal yang dilakukan pada wacana iklan Kohesi merupakan suatu keadaan yang dibutuhkan untuk mencapai kesatuan makna yang dimiliki teks. Oleh karena kepaduan makna memegang peranan penting dalam bahasa iklan untuk menyampaikan maksud dari iklan tersebut, maka penelitian ini memfokuskan untuk meneliti kohesi leksikal apa saja yang mampu menunjang terbentuknya kepaduan makna dalam wacana iklan yang terdapat pada majalah Pretty style edisi Februari 2011. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menentukan sumber data, mengumpulkan data, dan menganalisis data.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik simak dan dilanjutkan dengan teknik catat.Sumber data terdiri dari 6 iklan yang mengandung kohesi leksikal yang terdapat pada majalah Pretty Style.Data yang diperoleh dicatat dalam kartu data, kemudian dianalisis menggunakan metode padan ekstralingual. Berdasarkan hasil dari analisis data, penulis menyimpulkan bahwa pertama, wacana cenderung menggunakan kohesi leksikal baik berupa reiterasi maupun kolokasi. Kedua, kohesi leksikal yang ditemukan ada 4 reiterasi, yaitu 5 repetisi, 1 hiponimi, 1 antonimi, 2 sinonimi dan 1 kolokasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kohesi leksikal, iklan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2015 17:45
Last Modified: 23 Nov 2015 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22661

Actions (login required)

View Item View Item