Efektivitas Permainan Binggo Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca HurufHiragana di SMA PGRI 1 Temanggung


Ismayani Widya Pratiwi, 2302911009 (2015) Efektivitas Permainan Binggo Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca HurufHiragana di SMA PGRI 1 Temanggung. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Permainan Binggo Sebagai Media Pembelajaran Untuk   Meningkatkan Kemampuan Membaca HurufHiragana di SMA PGRI 1 Temanggung]
Preview
PDF (Efektivitas Permainan Binggo Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca HurufHiragana di SMA PGRI 1 Temanggung) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Permainan Bingo merupakan permainan dengan menggunakan kartu berbentuk persegi dengan kotak-kotak di dalamnya. Permainan Bingo dalam penelitian ini menggunakan huruf Hiragana.Materi huruf hiragana diajarkan kelas X kemudian kelas XI dan XII. Kurangnya variasi pembelajaran dalam belajar huruf Hiragana menjadikan para pembelajar bahasa Jepang merasa kesulitan dalam mempelajari huruf, Oleh karena itu media pendukung sangatlah penting dalam proses belajar mengajar. Adanya permainan binggo dalam proses belajar mengajar diharapkan dapat melatih kemahiran membaca huruf hiragana. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Apakah permainan Bingo dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca huruf Hiragana?Dan Kesalahan apa saja yang banyak dilakukan siswa dalam menjawab soal pilihan ganda dan soal menjodohkan?. Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas permainan Bingodalam meningkatkan kemampuan membaca hurufHiragana Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu menguji efektivitas permainan Bingo sebagai media pembelajaran huruf Hiragana.Pengambilan sampel dalam populasi menggunakan teknik purposive sample.Metode penelitian menggunakan metode dokumentasi dan tes.Teknik analisis data menggunakan Ttes untuk menguji efektivitas penggunaan permainan Bingo sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hiragana. Dari hasil analisis data tes, dapat diketahui rata-rata kelas eksperimen 92,4 sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol 74,4. Hal tersebut menunjukkan perolehan nilai responden di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan perolehan nilai responden di kelas kontrol. Dari hasil uji T-test dapat diketahui diperoleh thitung= 3,13. t tabel = 2,14dengan demikian diketahui bahwa nilai t lebih besar daripada t Maka dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran huruf hiragana dengan permainan bingoefektif untuk mengingat kosakata bahasa Jepang di SMA PGRI 1 Temanggung

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Permainan Bingo, Hiragana
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2015 17:47
Last Modified: 23 Nov 2015 17:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22659

Actions (login required)

View Item View Item