EFEKTIVITAS PERMAINAN BURSA KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUASAI KOSAKATA SISWA SMAN 2 INDRAMAYU


Ghiska Nabila Hanum, 2302410062 (2015) EFEKTIVITAS PERMAINAN BURSA KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUASAI KOSAKATA SISWA SMAN 2 INDRAMAYU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PERMAINAN BURSA KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUASAI  KOSAKATA SISWA SMAN 2 INDRAMAYU]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PERMAINAN BURSA KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGUASAI KOSAKATA SISWA SMAN 2 INDRAMAYU) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam mempelajari bahasa, penguasaan kosakata memegang peranan yang sangat penting. Kualitas keterampilan bahasa seseorang diantaranya bergantung pada kosakata yang dimilikinya. Semakin kaya kosakata yang dimiliki, semakin besar pula kemungkinan terampil dalam berbahasa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di SMAN 2 Indramayu, siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran kosakata Bahasa Jepang. Hal tersebut terjadi karena pembelajaran yang pasif. Pembelajaran pasif dikarenakan kurangnya latihan kosakata. Selain itu, metode yang digunakan hanya ceramah dan mencatat, sehingga membuat siswa tidak bisa mengingat dan menguasai kosakata yang sudah diajarkan. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan teknik pembelajaran kosakata yang tepat. Salah satu permainan sebagai teknik pembelajaran kosakata yang dapat digunakan adalah permainan ‘Bursa Kata’. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas permainan ‘Bursa Kata’ untuk meningkatkan kemampuan menguasai kosakata siswa SMAN 2 Indramayu dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari teknik permainan ‘Bursa Kata’. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMAN 2 Indramayu. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IIS 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing 30 orang. Dari hasil perhitungan menggunakan rumus t test, diperoleh t hitung = 4,2452. Nilai t tabel untuk N = 60 dan derajat kebebasan (db) N-2 = 58 adalah 2,01 (5%) dan 2,68 (1%), jadi karena nilai t hitung lebih besar daripada nilai t tabel (pada taraf signifikansi 5%), maka hipotesis dalam penelitian ini yaitu teknik “Permainan ‘Bursa Kata’ efektif dalam meningkatkan kemampuan menguasai kosakata bahasa Jepang siswa kelas XI IIS SMAN 2 Indramayu”. Kelebihan dar i teknik permainan ‘Bursa Kata’ adalah dapat membantu siswa dalam menguasai kosakata, baik kosakata yang sudah dipelajari pada pelajaran sebelumnya maupun kosakata yang baru dipelajari. Kekurangan dari teknik permainan ‘Bursa Kata’ adalah dikarenakan permainan yang dilakukan secara berkelompok, guru tidak dapat mengetahui kemampuan kosakata individu tiap siswa, sehingga bagi kelompok yang penguasaan kosakatanya sama-sama rendah, akan kesulitan ketika mengartikan kosakata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kosakata, permainan, permainan bursa kata
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2015 17:47
Last Modified: 23 Nov 2015 17:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22657

Actions (login required)

View Item View Item