ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PENULISAN HIRAGANA DAN KATAKANA DI SMA N 15 SEMARANG


AnindyaTasia, 2302409039 (2015) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PENULISAN HIRAGANA DAN KATAKANA DI SMA N 15 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PENULISAN HIRAGANA DAN KATAKANA  DI SMA N 15 SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PENULISAN HIRAGANA DAN KATAKANA DI SMA N 15 SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman PPL di SMA N 15 Semarang tahun ajaran 2013/2014, dalam pengajaran bahasa Jepang huruf hiragana dan katakana tidak diajarkan secara mendetail. Hal ini dikarenakan menurut guru SMA N 15 Semarang pelajaran bahasa Jepang di SMA N 15 Semarang hanya memfokuskan kemampuan untuk berkomunikasi. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian dengan judul “Analisis Kesalahan dalam penulisan huruf hiragana dan katakana di SMA N 15 Semarang”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja dalam menulis huruf hiragana dan katakana sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan mencari solusi untuk menemukan metode dalam pembelajaran huruf hiragana dan katakana. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa siswa kelas XI SMA Negri 15 Semarang, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 3 dan XI IPA 5 yang berjumlah 64 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa porsentase kesalahan siswa dalam menulis huruf hiragana dan katakana adalah 43,97%. Kesalahan pada penulisan huruf katakana yang memiliki kemiripan bentuk, kesalahan penempatan tanda baca panjang ( ー), kesalahan pada lambang bunyi yoo’on, kesalahan pada penulisan partikel, kesalahan pemahaman huruf yang seharusnya ditulis menggunakan huruf katakana, ditulis menggunakan hiragana, kesalahan pemahaman huruf romaji ejaan heburn, dan kesalahan pemahaman huruf yang seharusnya ditulis menggunakan huruf katakana ditulis menggunakan hiragana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, hiragana dan katakana
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2015 17:45
Last Modified: 23 Nov 2015 17:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22653

Actions (login required)

View Item View Item