PENGEMBANGAN MEDIA LES MOTS MÊLÉS UNTUK PENGAYAAN KOSAKATA BAHASA PRANCIS PADA SISWA SMA KELAS XI


Siti Alfiyaturrohmaniyyah, 2301410038 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA LES MOTS MÊLÉS UNTUK PENGAYAAN KOSAKATA BAHASA PRANCIS PADA SISWA SMA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA LES MOTS MÊLÉS UNTUK PENGAYAAN KOSAKATA BAHASA  PRANCIS PADA SISWA SMA KELAS XI]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA LES MOTS MÊLÉS UNTUK PENGAYAAN KOSAKATA BAHASA PRANCIS PADA SISWA SMA KELAS XI) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Kosakata merupakan salah satu aspek yang penting dalam kompetensi kebahasaan. Pembelajar bahasa Prancis harus menguasai kosakata bahasa Prancis agar bisa memahami dan mengaplikasikannya ke dalam keterampilan bahasa tersebut. Pengembangan buku les mots mêlés tentang kehidupan sehari-hari untuk pengayaan kosakata bahasa Prancis merupakan salah satu alternatif sebagai sarana latihan agar siswa lebih antusias dan terampil untuk menambah kosakata bahasa Prancis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media, yaitu dalam bentuk buku les mots mêlés. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2011:408-409), terdapat sepuluh langkah yang harus dilakukan, namun penelitian ini hanya menggunakan lima langkah, yaitu merumuskan potensi dan masalah, mengumpulkan data, membuat desain produk, validasi desain produk dan revisi desain. Hasil penelitian ini adalah desain produk berupa buku les mots mêlés serta dilengkapi evaluasi yang sesuai dengan tema ”Kehidupan Sehari-hari”. Tema tersebut sesuai dengan tema kelas XI semester 2 yang diambil dari silabus bahasa Prancis SMA. Kemudian pada tahap akhir, rancangan tersebut dikonsultasikan pada ahli bahasa Prancis untuk mengetahui kekurangannya. Setelah melakukan revisi sesuai saran ahli, yaitu pembetulan kata perintah, ketidak sesuaian desain les mots mêlés, kesalahan dalam evaluasi dan ada penambahan kunci jawaban di halaman terakhir, maka rancangan ini divalidasi oleh ahli dan dapat digunakan dalam pengayaan kosakata bahasa Prancis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media les mots mêlés, kosakata
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 Nov 2015 18:04
Last Modified: 23 Nov 2015 18:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22652

Actions (login required)

View Item View Item