KESULITAN BELAJAR DALAM MATA KULIAH MENYIMAK DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA MAHASISWA SEMESTER V PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS
Nita Mamluatul Fauziah, 2301409019 (2015) KESULITAN BELAJAR DALAM MATA KULIAH MENYIMAK DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA MAHASISWA SEMESTER V PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KESULITAN BELAJAR DALAM MATA KULIAH MENYIMAK DAN FAKTOR PENYEBABNYA PADA MAHASISWA SEMESTER V PRODI PENDIDIKAN BAHASA PRANCIS )
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Memahami bahasa lisan dapat dikatakan lebih sulit dibandingkan dengan memahami bahasa tulisan karena bahasa lisan diterima dalam waktu singkat sehingga isi pesan yang disampaikan lebih mudah hilang dari pendengaran. Berdasarkan pengamatan penulis, mahasiswa yang mengikuti mata kuliah menyimak memiliki kesulitan dalam memahami materi yang diberikan. Seringkali mahasiswa memerlukan lebih dari tiga kali proses penyimakan dalam memahami kesuluruhan isi materi. Selain itu, berdasarkan hasil studi pendahuluan dapat diketahui bahwa mahasiswa mendapatkan hasil belajar terendah dalam mata kuliah menyimak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan dan faktor kesulitan belajar mahasiswa semester 5 program studi pendidikan bahasa prancis dalam mata kuliah menyimak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian ini adalah kesulitan belajar mahasiswa dalam mata kuliah menyimak dan faktor penyebab kesulitan belajar dalam mata kuliah menyimak. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V prodi pendidikan bahasa Prancis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Penelitian ini menggunakan validitas konstruk, untuk mengukur reliabilitas digunakan rumus Product-moment dan KR 20. Motode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa mengalami kesulitan ketika mengikuti mata kuliah menyimak. Kesulitan yang dominan dialami mahasiswa adalah kesulitan dalam memahami suara cepat penutur asli dengan jumlah persentase sebesar 95% dan kesulitan menampung informasi yang banyak dalam waktu relatif singkat dengan jumlah persentase 81%, sedangkan faktor penyebab kesulitan yang dominan dialami mahasiswa adalah penyampaian yang cepat, kejelasan pengucapan, kepanjangan teks dan kosa kata yang sulit.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | faktor kesulitan belajar, mata kuliah menyimak |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 18:03 |
Last Modified: | 23 Nov 2015 18:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22651 |
Actions (login required)
View Item |