PROFESIONALITAS GURU SENI RUPA SMP NEGERI SE-KABUPATEN BATANG TAHUN 2014
Ardian Setiaji, 2401409023 (2015) PROFESIONALITAS GURU SENI RUPA SMP NEGERI SE-KABUPATEN BATANG TAHUN 2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PROFESIONALITAS GURU SENI RUPA SMP NEGERI SE-KABUPATEN BATANG TAHUN 2014)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Evaluasi profesionalitas guru dianggap suatu hal yang penting karena dengan adanya evaluasi akan dapat diketahui bagaimana tingkat profesionalitas dan kualitas guru seni rupa SMP Negeri se-Kabupaten Batang dalam menjalankan tugasnya. Berdasarkan itu, peneliti ingin membahas dua permasalahan, yaitu (1) Bagaimana profesionalitas guru seni rupa SMP Negeri se-Kabupaten Batang? (2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalitas guru seni rupa SMP Negeri se-Kabupaten Batang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif. Lokasi penelitian adalah di SMP Negeri yang telah ditunjuk dengan subjek guru seni rupa di masingmasing sekolah. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalitas guru seni rupa SMP Negeri se-Kabupaten Batang yang dinilai oleh kepala sekolah, guru seni rupa, peneliti, dan siswa dengan kompetensi yang dinilai adalah kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan pengamatan dan analisis peneliti, ada beberapa faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi tingkat profesionalitas guru seni rupa di Kabupaten Batang. Faktor pendukung adalah latar belakang pendidikan guru, kemampuan mengajar dari masing-masing guru, dan status guru yang sudah bersertifikat profesional. Selain faktor pendukung, ada juga faktorfaktor yang menghambat guru dalam kegiatan pembelajaran, antara lain keterbatasan media pembelajaran, serta sarana prasarana penunjang mata pelajaran seni rupa. Saran yang dapat diajukan adalah: (1) Guru seni rupa hendaknya dapat selalu meningkatkan profesionalitasnya agar kinerjanya dapat berkembang, (2) Pihak sekolah diharapkan dapat memberikan fasilitas yang layak untuk guru dan siswa agar pembelajaran seni rupa berlangsung dengan baik, (3) Para pakar atau praktisi pendidikan diharapkan dapat melakukan penelitian lanjutan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | profesionalitas. guru. seni rupa. |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 18:04 |
Last Modified: | 24 Nov 2015 11:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22645 |
Actions (login required)
View Item |