IMPLEMENTASI MEDIA AJAR BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SMPN 2 SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO


Affix Mareta , 5302410090 (2015) IMPLEMENTASI MEDIA AJAR BANGUN RUANG BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SMPN 2 SELOMERTO KABUPATEN WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410090-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Matematika dalam materi bangun ruang yang dilakukan di SMP Negeri 2 Selomerto khususnya kelas IX masih menggunakan model pembelajaran langsung. Pada model pembelajaran ini guru menerangkan kepada siswa menggunakan model bangun ruang berupa bola, tabung dan kerucut yang terbuat dari kayu. Hal tersebut membuat banyak siswa merasa bosan karena siswa sebenarnya telah mengetahui bentuk-bentuk bangun ruang dari jenjang pendidikan sebelumnya. Selain itu, untuk menerangkan unsur-unsur bangun ruang (sisi, titik sudut, bidang diagonal, diagonal bidang, dan rusuk) siswa memerlukan konsentrasi, imajinasi dan suasana belajar yang kondusif dalam menerjemahkan materi yang dijelaskan oleh guru. Sehingga diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu pembelajaran agar tercipta lingkungan pembelajaran yang kondusif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran yang bisa diimplementasikan dalam pembelajaran matematika sehingga muncul ketertarikan siswa dan membantu siswa memahami materi bangun ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development sedangkan metode pengembangan aplikasi menggunakan metode Waterfall. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Selomerto. Populasi yang dipilih yaitu siswa kelas IX-G untuk menguji angket dan kelas IXB untuk melakukan penelitian. Pengambilan data diperoleh dengan menggunakan angket yang berdasarkan skala Guttman. Skala ini memiliki kriteria penilaian dengan dua kategori. Untuk presentase jawaban di bawah 50% termasuk kategori kurang dan di atas 50% termasuk kategori cukup. Dari hasil pengisian angket didapatkan presentase jawaban sebesar 94,67% yang termasuk kategori cukup. Hal ini menunjukkan media pembelajaran Augmented Reality pada perangkat Android mendapatkan tanggapan yang positif dari seluruh pengguna aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pambelajaran bangun ruang menggunakan Augmented Reality Android dapat diimplementasikan dalam pembelajaran pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Selomerto. Oleh karena itu disarankan guru yang mengajar di SMP Negeri 2 Selomerto dapat menggunakan media pembelajaran bangun ruang ini pada kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Augmented Reality, Aplikasi Android.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 17 Nov 2015 01:27
Last Modified: 17 Nov 2015 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22623

Actions (login required)

View Item View Item