PENGEMBANGAN MEDIA BOLA TANGKUP UNTUK STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNANETRA
Andi Kurniadi, 1601411021 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA BOLA TANGKUP UNTUK STIMULASI KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK TUNANETRA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan media bola tangkup dan menguji efektifitas media bola tangkup untuk stimulasi kemampuan motorik kasar anak tunanetra. Metode yang dipakai metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan), tapi lebih difokuskan pada pengembangan model prosedural oleh Borg & Gall yang sudah disederhanakan. Tahap pengembangan dalam penelitian ini diawali dengan analisis potensi masalah, analisis kebutuhan, desain produk, validasi desain dan setelah itu diterapkan kemudian dilakukan tes kemampuan motorik kasar anak. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif untuk analisis kebutuhan dan deskriptif persentase untuk hasil validasi ahli dan uji coba produk. Hasil validasi desain menunjukkan bahwa media yang dikembangkan telah memenuhi uji kelayakan ahli media dan ahli anak berkebutuhan khusus dan dapat digunakan untuk media pembelajaran stimulasi motorik kasar. Hasil validasi ahli media menyatakan sangat setuju dengan persentase 81,12% dan ahli anak berkebutuhan khusus sangat setuju dengan presentase 90,59%. Pengembangan media bola dilakukan pada; 1) bahan bola menggunakan bola plastik dengan dilapisi spon ati, tujuan untuk keamanan penggunaan bola dan karakteristik anak low vision yang masih mampu melihat warna-warna terang; 2) bola dapat dibuka dan bertangkup, dengan tujuan bola dapat digunakan untuk salah satu tahap pengenalan huruf braille dengan biji-bijian yang menarik dan tetap dapat digunakan seperti bola pada umumnya. 3) benda bunyi pada bola tangkup dapat diganti biji-bijian. Hasil uji coba produk menunjukkan kemampuan awal menggunakan bola bunyi rata-rata presentase 39,58% dan kemampuan setelah perlakuan menggunakan bola tangkup rata-rata presentase 73,21%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bola tangkup lebih efektif dibandingkan menggunakan bola bunyi. Selain itu media bola tangkup dapat digunakan sebagai tahap pengenalan huruf braille menggunakan biji-bijian yang lebih menarik dan menyenangkan untuk anak tunanetra. Perlu diadakan penelitian uji coba luas guna menyempurnakan pengembangan media bola tangkup yang lebih berkualitas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Motorik Kasar, Anak Tunanetra |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | cahyo fajar unnes |
Date Deposited: | 15 Nov 2015 18:52 |
Last Modified: | 15 Nov 2015 18:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22609 |
Actions (login required)
View Item |