PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI SUBYEK PENGASUH (ORANGTUA DAN GRANDPARENT) DI TK KARTINI 1 DAN TK KARTINI 2 WONOKETINGAL KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK


ENNI RAHMAWATI, 1601411015 (2015) PERBEDAAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI SUBYEK PENGASUH (ORANGTUA DAN GRANDPARENT) DI TK KARTINI 1 DAN TK KARTINI 2 WONOKETINGAL KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601411015-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan pertama yang dialami oleh seorang anak ketika dilahirkan ke dunia, dan selama masa prasekolah, keluarga merupakan agen sosial yang paling penting. Ketika banyak orangtua yang bekerja, pengasuhan anak beralih kepada kerabat dekat yaitu nenek/ kakek, dalam pola asuh antara orangtua dan grandparent memiliki ciri khas tersendiri, tetapi mereka memiliki harapan yang sama yaitu anak menjadi seorang yang mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat kemandirian anak usia dini ditinjau dari subyek pengasuh (orangtua dan grandparent). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparasi, yaitu penelitian membandingkan antara dua atau lebih kelompok dalam satu variable. Populasi dalam penelitin ini adalah yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan yang bersekolah di TK Kartini 1 dan TK Kartini 2 Wonoketingal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel anak usia 5 -6 tahun di TK Kartini 1 dan TK Kartini 2 Desa Wonoketingal, dan yang diasuh oleh orangtua dan grandparenting. Metode analisis data penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistik inferensial dengan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada perbedaan kemandirian anak antara yang diasuh oleh orangtua dan grandparents. Jadi, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemandirian anak antara yang diasuh oleh orangtua dan grandparents. Rata-rata tingkat kemandirian anak usia dini yang diasuh oleh grandparents lebih tinggi daripada anak usia dini yang diasuh oleh orangtua. Hal ini ditunjukkan dengan perilaku kemandirian anak di sekolah yaitu anak oleh pengasuhan grandparent berangkat dengan bersepeda sendiri, sedangkan anak yang diasuh oleh orangtua selalu diantar ke sekolah. Orangtua hendaknya memberikan kepercayaan kepada anak untuk bereksplorasi dan belajar kecakapan sehari-hari. Guru juga hendaknya menjadi contoh yang baik utuk anak selama di sekolah dengan mengajari anak belajar mandiri sedini mungkin agar anak tidak selalu bergantung kepada orang lain. Bagi peneliti selanjutnya dapat lebih memperdalam lagi tingkat kemandirian salah satu subyek pengasuhan dengan melihat dari perspektif lain, misalnya melihat cara pengasuhanya dan alasan-alasan tentang bagaimana anak tersebut dapat mandiri sejak dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Pengasuhan Orangtua, Grandparenting
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 15 Nov 2015 18:47
Last Modified: 15 Nov 2015 18:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22608

Actions (login required)

View Item View Item