STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SENTRA MAIN PERAN PAUD ANAK CERDAS UNGARAN


Hilda Mafrukha, 1601410020 (2015) STUDI DESKRIPTIF PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SENTRA MAIN PERAN PAUD ANAK CERDAS UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601410020-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan hal yang penting dan mendasar bagi kehidupan manusia. Karakter telah melekat pada diri manusia dan ditunjukan dalam perilaku sehari-hari. Sejak lahir, manusia memiliki potensi karakter yang ditunjukan melalui kemampuan kognitif, motorik, sosial, moral dan agama dan bahasa. Sifat bawaan yang dimiliki manusia dapat berkembang dengan baik ketika manusia belajar dari lingkungannya. Salah satu cara mengenalkan dan menerapkan karakter pada anak yaitu melalui kegiatan bermain peran yang dilaksanakan di lembaga pendidikan anak usia dini. Karena dengan bermain peran anak mampu mengeksplor pengalaman yang pernah ia alami dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter di sentra main peran yang ada di PAUD Anak Cerdas Ungaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di sentra main peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter di sentra main peran dimulai dari kegiatan perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan pendidikan karakter yang akan diterapkan. Pada pelaksanaan, yaitu melihat knowing feeling; menggali, memberi dan menerapkan pengetahuan karakter kepada anak dan acting feeling yaitu melihat hasil penerapan karakter yang diterapkan hari sebelumnya, apakah anak akan memunculkan perilaku yang telah diterapakan atau belum. Sedangkan secara informal dapat berbentuk keteladanan, pengawasan pembelajaran dari awal hingga akhir, reward dan apresiasi. Simpulan dari penelitian yaitu pelaksanaan pendidikan karakter di sentra main peran tidak terpaut dengan karakter yang diajarkan pada satu tema saja namun semua karakter dapat diajarkan, karena setiap aspek karakter dapat dikembangkan melalui kegiatan bermain peran sesuai dengan peran yang anak mainkan. Sedangkan untuk meningkatkan perkembangan anak makan orangtua diharapkan dapat menjalin komunikasi dengan guru maupun dengan kepala sekolah, sehingga orangtua dapat mengetahui perkembangan anaknya disekolah. Characters are important and fundamental to human life. They have been inherent in human being and shown in everyday behavior. From birth, human have the potential characters shown through cognitive, motor, social, moral, religion and language abilities. Personal characters can be well thrived when people learn from their environment. One way to introduce and implement characters in children is through role-play activities undertaken in preschool. Because by means of doing roleplay, children are able to explore the experience they have ever got in daily life. This study aimed to describe the implementation of character education at the role-play center of Ungaran Anak Cerdas preschool. This research is a qualitative descriptive approach and use the method of observation, interviews, and documentation. Subjects in this study were the teachers at the role-play center. The results showed that the implementation of character education at the roleplay center starts from lesson planning activities customized with educational characters that will be applied, namely observing the knowing feeling – digging, providing and applying knowledge of the character to the children and observing the acting feeling – examining the results of the application of the characters that has been applied previously, whether the children show the behavior that has been applied or not. Moreover, the character education can be informally in the form of exemplary, learning control from beginning to end, reward and appreciation. The conclusions of the study, namely the implementation of character education at the role-play center was not restricted to the characters that are taught in one theme, but all the characters that can be taught, because every aspect of the characters can be developed through role-play activities in accordance with the role that children play. Meanwhile, to boost the development of children‟s characters, parents are expected to establish communication with the teachers and the school principal, so that they can be well informed about their child‟s progress at school.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Sentra Main Peran, character education, role-play center
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 15 Nov 2015 18:17
Last Modified: 15 Nov 2015 18:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22604

Actions (login required)

View Item View Item