PENGARUH PENGGUNAAN PASIR BERWARNA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF (PENGENALAN SAINS) ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD PERMATA BUNDA KABUPATEN SRAGEN


Vita Virgawati, 1601410019 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN PASIR BERWARNA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF (PENGENALAN SAINS) ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PAUD PERMATA BUNDA KABUPATEN SRAGEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601410019-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pasir berwarna dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran. Aspek perkembangan yang dapat dikembangkan melalui pasir berwarna yaitu aspek perkembangan motorik halus dan kognitif anak. Dalam penelitian ini peneliti lebih fokus pada aspek perkembangan kognitif karena pasir berwarna dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menstimulus perkembangan kognitif anak yang mencakup pengenalan pengetahuan umum, sains, pengenalan konsep, ukuran, bentuk dan pola. Tenaga pendidik Paud Permata Bunda masih kesulitan dalam memanfaatkan bahan alam dari lingkungan sekitar sehingga dalam pembelajaran sehari-hari sering dijumpai penggunaan lembar kerja, padahal lingkungan sekitar menyediakan bahan-bahan yang dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran sehari-hari yang dapat dieksplor oleh pendidik, peserta didik maupun orang tua, sehingga kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan. Menurut Anggani Sudono (2000:7) media atau sumber belajar adalah alat yang memberikan informasi maupun berbagai ketrampilan kepada peserta didik maupun pendidik, antara lain buku referensi, buku cerita, gambar-gambar, narasumber, benda, atau hasil-hasil budaya. Menurut Anggani Sudono (2000:115) anak-anak suka bereksplorasi dengan tanah, lumpur dan pasir, dan kekayaan bereksperimen dengan pasir tidak ternilai harganya. Menurut Femi Olivia (2008:68) berdasarkan riset terbaru mengungkapkan bahwa anak-anak dapat mempertahankan pesan sekitar 40% lebih baik jika ditampilkan dalam warna. Populasi penelitian ini adalah Paud Permata Bunda. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling kuota. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di Paud Permata Bunda Kabupaten Sragen sebanyak 30 anak. Hasil penelitian ini terdapat adanya pengaruh yang pada perkembangan kognitif anak, terlihat dari hasil skor setelah perlakuan (posttest) tertinggi yaitu 107 dan skor terendah 75 lebih baik dari skor tertinggi sebelum perlakuan (pretest) yaitu 84 dan skor terendah 61 serta nilai sig.(2-tailed) = 0,000<0,05 yang menandakan H a diterima sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dengan adanya penggunaan pasir berwarna sebagai media pembelajaran adanya perbedaan saat sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pasir berwarna sebagai media pembelajaran terhadap perkembangan kognitif anak. The use of colored sand media can be an alternative medium of learning. Aspects of development that can be developed through the sand is that aspect of motoric and cognitive development. In this study researchers is focused on aspects cognitive development because the colored sand can be used as a learning medium to stimulate the cognitive development of children includes the introduction of general knowledge, science, introduction of the concept, the size, shape and pattern. The teacher of early childhood educators are still difficulties in utilizing natural materials from the surrounding environment so that the day-today learning often found use worksheets, whereas the surrounding environment to provide materials that can be developed as an everyday learning media that can be explored by educators, learners and parents, so much fun learning activities. According Anggani Sudono (2000: 7) media or learning resources is a tool that provides information and a variety of skills to students and educators, including reference books, story books, pictures, persons, objects, or the results of the culture. According Anggani Sudono (2000: 115) children love to explore the soil, mud and sand, and experimenting with sand wealth is priceless. According to Femi Olivia (2008: 68) based on the latest research reveals that children can maintain about 40% the message better if it is displayed in color. The population of the study is Paud Permata Bunda. Sampling techniques in this study using quota sampling. The sample in this study were children 3-4 years old in Paud Permata Bunda Sragen as many as 30 children. The results of this study are their influence on the cognitive development of children, seen from the score after treatment (posttest) the highest and lowest scores 75 107 better than the highest score before treatment (pretest), namely 84 and 61 and the lowest score sig. (2 Tailed) = 0.000 <0.05, which signifies Ha accepted that there is a significant influence with the use of colored sand as a medium of learning the differences in the time before treatment and after treatment showed that there is the effect of using colored sand as a medium of learning for children's cognitive development.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pasir berwarna, media pembelajaran, perkembangan kognitif. colored sand, instructional media, cognitive development
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 15 Nov 2015 18:12
Last Modified: 15 Nov 2015 18:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22603

Actions (login required)

View Item View Item