PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LAYANAN SDIT BIAS ASSALAM KOTA TEGAL


Eka Septi Ariyani, 1401411391 (2015) PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU LAYANAN SDIT BIAS ASSALAM KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411391-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Sistem Manajemen Mutu (SMM) adalah sistem yang mendokumentasikan struktur perusahaan, tugas dan tanggung jawab karyawan dan manajemen, prosedur- prosedur yang dipersyaratkan untuk mewujudkan mutu produk atau jasa memenuhi kebutuhan pasar dan kepuasan pelanggan. ISO 9001 merupakan standar internasional yang mengatur tentang sitem manajemen mutu (Quality Management System). SMM ISO biasa diterapkan dalam perusahaan dan industri manufaktur. SDIT BIAS Assalam menerapkan SMM ISO dalam lembaga pendidikan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008, (2) menganalisis pengaruh penerapan SMM ISO 9001:2008 terhadap peningkatan mutu layanan, (3) Menganalisis faktor yang mempengaruhi penerapan SMM ISO 9001:2008. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe pengamatan terbuka, pengamat sebagai pemeranserta. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan informan. Informan dalam penelitian ini ialah ketua yayasan dan sekretaris yayasan, kepala unit TU yayasan, kepala unit, wakil kepala, ustad/ustadzah, tata usaha dan bendahara SDIT BIAS Assalam. Data sekunder diperoleh dari arsip resmi yayasan, SDIT dan dokumen mutu SMM ISO 9001:2008 Yayaysan BIAS Assalam. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah pengamatan, wawancara, kajian dokumen dan kepustakaan. Metode analisis dilakukan dengan (1) pengolahan data dilapangan, (2) reduksi dan penyajian data, (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008 diterapkan di seluruh unit dan departemen dalam yayasan, tidak hanya unit SDIT BIAS Assalam. Pengetahuan tentang SMM ISO 9001:2008 dipahami secara praktis tidak teoritis. Penerapan prinsip fokus pada pelanggan dan perbaikan berkesinambungan lebih nampak. Yayasan sudah memenuhi syarat dokumen mutu SMM dan unggul dalam klausul 5, tanggung jawab manajemen. Penerapan SMM ISO dalam SDIT BIAS Assalam belum begitu nampak. Mutu layanan setelah menerapkan SMM ISO, tidak ada perubahan bentuk layanan. Terjadi peningkatan tetapi tidak signifikan. SMM ISO berpengaruh pada pendokumentasian bentuk layanan. Akreditasi pertama SDIT BIAS adalah B, setelah penerapan SMM ISO naik menjadi A. SDM yang tidak loyal menjadi faktor penghambat. Pendanaan yang kuat menjadi faktor pendukung keberlangsungan penerapan SMM ISO 9001:2008 pada SDIT BIAS Assalam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mutu layanan; peningkatan; sistem manajemen mutu ISO
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 15 Nov 2015 10:37
Last Modified: 15 Nov 2015 10:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22601

Actions (login required)

View Item View Item