PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INQUIRY MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS


Vita Citra Rahayu , 4401411002 (2015) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INQUIRY MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401411002-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

LKS yang digunakan dalam pembelajaran kurang mendorong siswa untuk lebih aktif dan berpikir kritis sehingga perlu adanya pengembangan LKS yang dapat membuat siswa menjadi lebih aktif dan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKS yang digunakan Guru dalam pembelajaran, mendeskripsikan kelayakan LKS berbasis inquiry pada materi sistem reproduksi manusia serta mendeskripsikan efektivitas penggunaan LKS berbasis inquiry. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang meliputi beberapa tahapan yaitu perencanaan penelitian, pengembangan LKS, validasi oleh pakar, revisi LKS, uji coba skala kecil, revisi, uji coba skala besar, penyempurnaan LKS dan produk akhir (LKS yang layak dan efektif digunakan). Uji coba skala besar dilakukan dengan desain preeksperimental menggunakan model One Group Pretest-Posttest design. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian dari validator ahli materi, validator ahli media dan Guru Biologi mengenai LKS berbasis inquiry materi sistem reproduksi manusia yang dikembangkan mendapatkan skor berturut-turut 85 dengan persentase 85% (kriteria sangat layak), skor 50 dengan persentase 89% (kriteria sangat layak) dan skor 100 dengan persentase 100% (kriteria sangat layak). Hasil kemampuan berpikir kritis 38 siswa mencapai kriteria sedang sampai tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis inquiry materi sistem reproduksi manusia layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS berbasis inquiry, sistem reproduksi manusia, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 23:03
Last Modified: 14 Nov 2015 23:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22599

Actions (login required)

View Item View Item