IMPLEMENTASI SMART PARENTING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PAUD (Studi pada PAUD Kusuma Bangsa Desa Cepoko, Bandar Kabupaten Batang Tahun 2013)

Elly Erlina Diana Watie , 1601911002 (2014) IMPLEMENTASI SMART PARENTING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PAUD (Studi pada PAUD Kusuma Bangsa Desa Cepoko, Bandar Kabupaten Batang Tahun 2013). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2613Kb)

    Abstract

    Pada umumnya orang tua memang memerlukan pendidikan sebagai upaya untuk pengarahan diri, sehingga mereka mampu mengarahkan diri mereka sendiri dan juga dapat mengarahkan anak-anaknya, karena seringkali orang tua menghambat proses pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Tidak dipungkiri lagi, bahwa hal ini bisa terjadi sebagai akibat ketidaktahuan orang tua cara mendidik anak yang baik.Padahal keterlibatan orang tua dalam lembaga pendidikan anak usia dini sangat penting untuk mewujudkan pembelajaran yang optimal dimasa usia emas anak. Agar orang tua tidak sepenuhnya berharap pada lembaga PAUD saja untuk mendidik anaknya, tetapi kontribusi orang tua juga sangat diperlukan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Program parenting yaitu bentuk kegiatan informal yang dilakukan untuk menyelaraskan kegiatan-kegiatan pengasuhan dan pendidikan anak di kelompok bermain dan di rumah. Parenting ini bukan sesuatu yang baru namun juga tidak banyak yang mampu menyelenggarakannya, sehingga penting untuk dikaji dari konsep teoritis tentang manajemen program parenting pada pendidikan anak usia dini, mengingat kegiatan ini sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak secara maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian terdiri dari 3 (tiga) orang guru PAUD Kusuma Bangsa dan 2 (dua) orang tua murid sebagai informan utama, serta 1 orang kepala sekolah sebagai informan triangulasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data penelitian menggunakan tringulasi sumber, teknik, waktu, analisis data dengan mereduksi data dan kemudian disimpulkan. Hasil penelitian mengenai implementasi smart parenting yang dilaksanakan PAUD Kusuma Bangsa Bandar Batang adalah penerapan pengasuhan fisik di PAUD bertujuan untuk memenuhi kebutuhan fisik, memberikan keterampilan fisik salah satu kegiatannya adalah mengikuti kegiatan upacara dan membuat hasil karya. Pengasuhan emosi yang diterapkan di PAUD Kusuma Bangsa Bandar Batang dengan mengadakan kegiatan konsultasi dengan orang tua untuk membantu orang tua membentuk perilaku dan mengendalikan emosi anak. Sedangkan penerapan pengasuhan sosial di PAUD Kusuma Bangsa Bandar Batang dengan mengadakan kegiatan bersama antara anak dengan dengan orang tua untuk mengajaran anak bersosialisasi, salah satu kegiatan adalah melakukan karyawisata. Peningkatan kualitas pembelajaran di PAUD adalah meningkatkan perilaku anak mengkuti proses belajar, bermain dan bernyanyi, berorientasi perkembangan anak usia dini, meningkatkan kecakapan bersosialisasi, memberikan pembelajaran benda konkrit, dan dukungan positif terhadap perkembangan anak.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Persiapan pembelajaran
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 14 Nov 2015 14:51
    Last Modified: 22 Nov 2015 18:09

    Actions (login required)

    View Item