PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2013


Defy Kurnia Julianti, 7211411031 (2015) PENGARUH MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2013. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211411031-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perusahaan didirikan dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan sehingga dapat memberikan kemakmuran bagi pemilik atau para pemegang saham. Good Corporate Governance dan profitabilitas merupakan upaya untuk meningkatkan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010 – 2013. Pemilihan sampel ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan metode ini, diperoleh sampel perusahaan sebanyak 118 perusahaan. Alat analisis untuk menguji hipotesis adalah path analysis dengan software AMOS versi 21. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, komite audit dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, komisaris independen dengan arah negatif berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa profitabilitas tidak dapat memediasi pengaruh mekanisme good corporate governance terhadap nilai perusahaan. Saran dari penelitian ini adalah perhitungan nilai perusahaan dapat dilakukan dengan menggunakan metode lainnya seperti Tobin’s Q. Mengganti variabel intervening dengan variabel selain profitabilitas seperti kualitas laba karena dalam penelitian ini profitabilitas ditolak sebagai variabel intervening. Upaya untuk mendorong optimalisasi nilai perusahaan dapat dilakukan dengan mengelola profitabilitas, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, dan komite audit.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komisaris Independen, Komite Audit, Profitabilitas, Nilai Perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 19:41
Last Modified: 14 Nov 2015 19:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22578

Actions (login required)

View Item View Item