STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK LAKI-LAKI DI KOTA SEMARANG


Puji Haryati Wulandari, 1601410010 (2015) STUDI DESKRIPTIF KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TAMAN KANAK-KANAK LAKI-LAKI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1601410010-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada era globalisasi ini diartikan sebagai sebuah pendidikan yang dapat menjawab tantangan globalisasi, yaitu suatu proses yang dapat melahirkan individu yang mempunyai bekal pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk hidup dan ikut berpartisipasi dalam era globalisasi. Untuk memudahkan pendidikan, maka diperlukan guru yang mempunyai kompetensi yang baik. Bagi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) professional utamanya dapat diukur dan dilihat dari sejauh mana kemampuan guru dalam mengaktualisasikan kompetensi yang sudah dipersyaratkan. Empat kompetensi tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru lakilaki pada Taman Kanak-Kanak yang ada di Kota Semarang yaitu TK PGRI 67 Bangetayu Kulon, TK PGRI 02 Mlatiharjo dan TK PGRI 04 Kartini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 guru kelas Taman Kanak-Kanak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik guru laki-laki maupun guru perempuan Taman Kanak-Kanak mempunyai peran yang sangat penting bagi pendidikan. Sebagai guru laki-laki pada Taman Kanak-Kanak guru bukan hanya menyampaikan materi di dalam kelas tetapi juga harus melakukan penanganan terhadap anak saat anak mengalami kesulitan ataupun masalah. Dalam Pendidikan Anak Usia Dini seorang guru dituntut untuk memiliki dan mengembangkan kompetensi yang dimilikinya salah satu kompetensi tersebut yaitu kompetensi pedagogik. Peningkatan kompetensi pedagogik guru dilakukan secara berkesinambungan oleh kepala sekolah/lembaga dan guru. Upaya peningkatan kompetensi yang dilakukan oleh guru yaitu dengan mengikuti kegiatan penataran dan mengikuti seminar, memanfaatkan media cetak/media massa dan media elektronik, peningkatan profesi melalui belajar sendiri, mengikuti kursus, dan aktif dalam organisasi keguruan yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran. Sedangkan dalam upaya lembaga pendidikan/kepala sekolah bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan pengadaan lokakarya (workshop), melakukan supervisi (pengawasan) terhadap kinerja dan kedisiplinan guru, mendukung ide-ide baru dari guru, memotivasi guru untuk membuat karya tulis ilmiah, mengadakan rapat guru, mengadakan penilaian terhadap tugas guru dan memberikan penghargaan (reward ) pada guru yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Pedagogik, Guru Taman Kanak-Kanak
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 19:31
Last Modified: 14 Nov 2015 19:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22575

Actions (login required)

View Item View Item