PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PEGAWAI DI PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, NON FORMAL, DAN INFORMAL REGIONAL II SEMARANG


Putri Laksmi Dewi, 1511410024 (2015) PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA PEGAWAI DI PUSAT PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, NON FORMAL, DAN INFORMAL REGIONAL II SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1511410024-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku individu dalam suatu organisasi menjadi sangat penting, karena perilaku-perilaku ini yang menentukan bagaimana jalannya sebuah organisasi. Organizational Citizenship Behavior merupakan perilaku kewarganegaraan pegawai. Pegawai yang baik cenderung menampilkan Organizational Citizenship Behavior ini. Kepuasan kerja adalah salah satu faktor yang menyebabkan munculnya Organizational Citizenship Behavior. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior pada pegawai di PP-PAUDNI Regional II Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi yang ditetapkan oleh peneliti adalah seluruh pegawai yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil yang berkerja di PPPAUDNI Regional II Semarang yang berjumlah 117 orang. Peneliti mengambil sampel dari seluruh pegawai di PP-PAUDNI Regional II Semarang, kecuali kepala PP-PAUDNI Regional II Semarang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode skala. Penelitian ini menggunakan skala kepuasan kerja dan skala Organizational Citizenship Behavior. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kepuasan kerja yang dimiliki oleh sebagian besar pegawai di PP-PAUDNI Regional II Semarang termasuk dalam kategori rendah, yaitu 55,29 %. Selanjutnya tingkat Organizational Citizenship Behavior yang dimiliki oleh sebagian besar pegawai di PP-PAUDNI Regional II Semarang termasuk dalam kategori sedang, yaitu 48,24 %. Berdasarkan hasil perhitungan dengan analisis regresi diperoleh hasil F sebesar 40,194 dengan taraf signifikansi 0,000, sedangkan koefisien determinasinya (R Square) sebesar 0,326. Hal ini menunjukkan ada pengaruh kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior, 32,6 % Organizational Citizenship Behavior dipengaruhi oleh kepuasan kerja. Sisanya 67,4 % dipengaruhi oleh faktor lain yang belum terungkap dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 19:06
Last Modified: 14 Nov 2015 19:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22569

Actions (login required)

View Item View Item