PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02 SEMARANG


LARRYSA DEVI, 1402408206 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1402408206-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran yang kurang efektif dan hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal hanya mencapai 35,7% (10 dari 28 siswa) dengan rata-rata kelas 58,5. Hasil observasi pembelajaran matematika di SDN Gunungpati 02 Semarang menunjukkan bahwa siswa kurang minat dalam mengikuti pembelajaran matematika, siswa kurang terampil dalam menghitung, siswa masih terlihat individual dan kesulitan untuk bekerjasama dalam kelompok, jiwa kompetisi siswa juga masih rendah, dan siswa terlihat kurang aktif dalam pembelajaran. Selain itu, guru juga kurang bervariatif dalam mengajar dan masih terpaku pada metode ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Gunungpati 02 Semarang. Adapun Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Setiap pertemuan terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang. Data berasal dari guru, siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang, data dokumen, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas siswa meningkat, hal ini ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata 2,89 pada siklus pertama (skor rata-rata pertemuan ke-1 yakni 2,86 dan skor rata-rata pertemuan ke-2 yakni 2,9) meningkat menjadi 3,41 pada siklus kedua (skor rata-rata pertemuan ke-1 yakni 3,38 dan skor rata-rata pertemuan ke-2 yakni 3,45); (2) ketrampilan guru meningkat, hal ini ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata 2,93 pada siklus pertama (skor rata-rata pertemuan ke-1 yakni 2,86 dan skor rata-rata pertemuan ke-2 yakni 3) menigkat menjadi 3,39 pada siklus kedua (skor rata-rata pertemuan ke-1 yakni 3,28 dan skor rata-rata pertemuan ke-2 yakni 3,5); (3) hasil belajar siswa meningkat, hal ini ditunjukkan dengan perolehan persentase ketuntasan sebesar 65,52% (19 dari 29 siswa) rata-rata 62,93 pada siklus pertama meningkat menjadi 82,76% (24 dari 29 siswa) rata-rata 73,27 pada siklus kedua sehingga penelitian dinyatakan berhasil. Kesimpulan yang diperoleh yaitu bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Teams Games Tournament
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 18:39
Last Modified: 14 Nov 2015 18:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22563

Actions (login required)

View Item View Item