PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SDN SEKARAN 01 SEMARANG


EKA MARIA LINDI A, 1402408193 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SDN SEKARAN 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1402408193-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

S.Si., M.Pd. Permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran matematika di kelas V SDN Sekaran 01 Semarang antara lain belum memberi kesempatan kepada siswa untuk dikenali dan siswanya belum menunjukkan partisipasi kepada orang lain. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, yaitu 64% dari jumlah siswa belum mencapai KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan model kooperatif Think Pair Share. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah model kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Sekaran 01 Semarang? Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Sekaran 01 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Sekaran 01 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Teknik non tes terdiri atas observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada setiap pertemuan berturut-turut memperoleh jumlah skor 30 (baik); 38 (baik); 41 (sangat baik); dan 46 (sangat baik). Aktivitas siswa memperoleh jumlah skor rata-rata 16,5 (cukup); 21,4 (baik); 24,3 (baik); dan 26,8 (sangat baik). Hasil belajar siswa memperoleh rata-rata 62 dengan ketuntasan belajar klasikal 61,5%; 70,3 dengan ketuntasan belajar klasikal 71%; 73 dengan ketuntasan belajar klasikal 79%; dan 76 dengan ketuntasan belajar klasikal 89%. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah model kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Sekaran 01 Semarang. Saran penelitian ini adalah guru harus mengkondisikan siswa untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Think Pair Share
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 18:35
Last Modified: 14 Nov 2015 18:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22561

Actions (login required)

View Item View Item