PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI PENDEKATAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KEMUJAN KARIMUNJAWA JEPARA

SUSILOWATI , 1401909095 (2014) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI PENDEKATAN INKUIRI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 04 KEMUJAN KARIMUNJAWA JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2770Kb)

    Abstract

    Berdasarkan observasi awal di SD N 04 Kemujan ditemukan masalah dalam pembelajaran Pkn di kelas IV. Guru belum menerapkan pembelajaran yang inovatif, hanya mengembangkan aktualisasi konsep tanpa diimbangi pengalaman konkret dan eksperimen aktif dalam siswa memperoleh pengetahuan. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya aktivitas siswa dan hasil belajar yang rendah. Solusi dari pemecahan masalah tersebut melalui pendekatan inkuiri dengan media video. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pendekatan inkuiri menggunakan media video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV SD N 04 Kemujan?” tujuan penelitian adalah pendekatan inkuiri menggunakan media video untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn pada siswa kelas IV di SD N 04 Kemujan Karimunjawa Jepara. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 3 siklus. Setiap siklusnya 2 pertemuan, dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan siswa SD N04 Kemujan Karimunjawa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh skor 29 dengan kategori baik, siklus II memperoleh skor 33 dengan kategoti baik sekali dan siklus III menjadi skor 36 dengan kategori baik sekali. (2) hasil aktivitas mengalami peningkatan. Pada siklus I memperoleh rata-rata skor 30,5 dengan kategori baik, siklus II menjadi 33,5 dengan kategoti baik sekali dan siklus III menjadi 35 dengan kategori baik sekali. (3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I mendapat nilai rata-rata 72,35 (71% tuntas belajar), siklus II menjadi 77,5 (79% tuntas belajar) dan siklus III menjadi 82,4 (87% tuntas belajar). Ini menunjukkan indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 80% telah terpenuhi sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Kesimpulan bahwa pendekatan inkuiri menggunakan media video dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 04 Kemujan Karimunjawa. Saran bagi guru sebaiknya pendekatan inkuiri dan media video dapat diterapkan dalam pembelajaran yang lain atau kelas yang lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, Pendekatan Inkuiri, Media Video
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 14 Nov 2015 13:32
    Last Modified: 14 Nov 2015 13:32

    Actions (login required)

    View Item