ANALISIS PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING, DIVIDEND PAYOUT RATIO, PRICE EARNING RATIO TERHADAP RETURN SAHAM SYARI’AH PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2010-2012

Anissya Harsono, 7211410004 (2015) ANALISIS PENGARUH ISLAMIC SOCIAL REPORTING, DIVIDEND PAYOUT RATIO, PRICE EARNING RATIO TERHADAP RETURN SAHAM SYARI’AH PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI JAKARTA ISLAMIC INDEX TAHUN 2010-2012. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1131Kb)

    Abstract

    Keberadaan pasar modal syari’ah merupakan fenomena yang menarik dalam industri pasar modal di tanah air. Pasar modal syariah berfungsi sebagai media investasi bagi umat Islam di pasar modal yang sejalan dengan prinsipprinsip Islam. Saham syariah merupakan salah satu produk dalam pasar modal syari’ah yang banyak diminati investor muslim. Hal ini dikarenakan saham syari’ah dapat memberikan alternatif bagi investor yang ingin melakukan kegiatan muamalah tanpa melanggar prinsip-prinsip syari’ah. Shariah Enterprise Theory menjelaskan bahwa Allah SWT merupakan pusat dari segala sesuatu. Signalling Theory menjelaskan bahwa informasi yang dipublikasikan perusahaan dapat memberikan sinyal bagi investor dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Islamic Social Reporting, Dividend Payout Ratio, dan Price Earning Ratio terhadap return saham syari’ah. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan go public yang terdaftar di BEI dan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII). Target populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang menerbitkan saham syari’ah dari tahun 2010 - 2012 yang memenuhi kriteria sesuai dengan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ISR, DPR, dan PER secara simultan berpengaruh signifikan terhadap return saham syari’ah. Hasil analisis secara parsial, ISR berpengaruh negatif terhadap return saham syari’ah, PER berpengaruh positif terhadap return saham syari’ah, dan DPR tidak berpengaruh terhadap return saham syari’ah. Simpulan dari penelitian ini yaitu Islamic Social Reporting (ISR) terbukti memiliki pengaruh negatif terhadap return saham syari’ah, yaitu semakin tinggi nilai pengungkapan ISR dalam perusahaan maka semakin kecil return saham syari’ah yang diterima. Dalam penelitian ini DPR terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap return saham syari’ah. Sedangkan PER memiliki pengaruh positif signifikan terhadap return saham syari’ah, yaitu semakin tinggi PER maka tingkat return saham syari’ah juga semakin tinggi. Bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan rasio-rasio keuangan yang lain seperti rasio profitabilitas, solvabilitas, likuiditas, dan rasio aktivitas untuk menambah variabel penelitian serta menambah rentan waktu penelitian agar penelitian selanjutnya lebih baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Return Saham Syari’ah, Islamic Social Reporting, Dividend Payout Ratio, Price Earning Ratio.
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HG Finance
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: nur fatihah unnes
    Date Deposited: 14 Nov 2015 13:32
    Last Modified: 14 Nov 2015 13:32

    Actions (login required)

    View Item