PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 01 SEMARANG


DETIK DWI PRASETYO , 1401411213 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411213-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri Gunungpati 01 Semarang masih belum optimal. Berdasarkan data awal diperoleh selama PPL hasil belajar masih rendah, yaitu dari dari 19 siswa hanya 7 atau 35% siswa yang mencapai nilai KKM sisanya sebanyak 13 atau 65% belum mencapai (KKM) yang ditetapkan yaitu 65. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui model Course Review Horay Berbantu Media CD Interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran terhadap siswa kelas IV SDN Gunungpati 01?. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 01, dan secara khusus bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Course Review Horay berbantuan media CD Interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Gunungpati 01 melalui model Course Review Horay berbantuan media CD Interaktif. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) keterampilan guru siklus 1 memperoleh rata-rata skor 25, meningkat pada siklus 2 dengan perolehan rata-rata skor 32,5 (sangat baik); (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 20,15 (cukup), meningkat pada siklus 2 dengan rata-rata skor 23,75 (baik); (3) hasil belajar siswa pada siklus 1 mengalami ketuntasan klasikal sebesar 60,5%, meningkat pada siklus 2 ketuntasan belajar menjadi 84%. Penelitian ini menunjukan model Course Review Horay berbantuan media CD Interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 01.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay (CRH); CD Interaktif ; IPA
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 18:18
Last Modified: 14 Nov 2015 18:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22555

Actions (login required)

View Item View Item