EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR PASAR MODAL SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BANGSRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Wahyu Ponco Wati, 7101411330 (2015) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR PASAR MODAL SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BANGSRI TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411330-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah mengalami kegiatan belajar. Perubahan perilaku tersebut dapat ditunjukan dengan perubahan keterampilan, sikap, dan kemampuan menuju arah yang positif. Hasil observasi awal yang diperoleh peneliti sebesar 65,85% siswa kelas XI IPS berada pada kriteria tidak tuntas. Selama pembelajaran, siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru bahkan terkadang siswa tidak fokus menangkap materi malah asyik berbicara dengan teman sebangkunya. Maka dari itu, peneliti memberikan alternatif baru untuk menerapkan metode pembelajaran problem based learning yang dikolaborasikan dengan metode role playing. Metode pembelajaran ini dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dalam menganalisis isu dan melatih siswa untuk mengembangkan ide kreatifnya dalam bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan penerapan metode pembelajaran problem based learning dan role playing dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunkan desain quasi eksperimental dengan bentuk desain pre test - post test control group design, dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bangsri tahun pelajaran 2014/2015. Sample diambil menggunakan teknik random sampling. Penelitian dilakukan di kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan Paired Sample t-test untuk menguji hipotesis pertama dan Independent Sample t-test untuk menguji hipotesis kedua. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dari rata-rata nilai pre test sebesar 57,83 menjadi 86,69 pada post test di kelas eksperimen. Meningkat sebesar 28,86 poin. Pada kelas kontrol, rata-rata nilai pre test sebesar 60,52 dan nilai post test sebesar 77,45. Peningkatan hasil belajar juga ditunjukan dari hasil uji Paired Sample t-test dan Independent Sample t-test yang menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang artinya kedua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode problem based learning dan role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar pasar modal. Kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan penerapan metode problem based learning dan role playing memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Saran dari peneliti, guru diharapkan dapat menerapkan metode ini untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Role Playing, Pasar Modal
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 18:06
Last Modified: 14 Nov 2015 18:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22552

Actions (login required)

View Item View Item