PENGARUH PERSEPSI TENTANG PERAN ORANG TUA, PEER GROUP DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS X IIS DAN XI IIS DI SMA NEGERI 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Oktavia Nurfarika, 7101411081 (2015) PENGARUH PERSEPSI TENTANG PERAN ORANG TUA, PEER GROUP DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA KELAS X IIS DAN XI IIS DI SMA NEGERI 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411081-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan tindakan mengkonsumsi barang bukan untuk mencukupi kebutuhan tetapi untuk memenuhi keinginan sehingga menimbulkan pemborosan dan pengeluaran yang tidak tepat guna. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa perilaku konsumtif pada siswa kelas X IIS dan XI IIS SMA Negeri 7 Semarang relatif tinggi. Hal ini didasarkan oleh penggunaan uang saku yang relatif defisit sebesar 66% dari 80 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh peran orang tua, peer group dan financial literacy terhadap perilaku konsumtif siswa, baik secara simultan maupun parsial. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS dan XI IIS SMA Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 166 anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh negatif persepsi peran orang tua secara parsial sebesar 2,65%, (2) ada pengaruh positif peer group secara parsial terhadap perilaku konsumtif siswa sebesar 40,70%, dan (3) ada pengaruh financial literacy secara parsial terhadap perilaku konsumtif siswa sebesar 3,17%. Peran orang tua, peer group dan financial literacy secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif siswa sebesar 43,3%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, terdapat pengaruh negatif peran orang tua terhadap perilaku konsumtif, di mana apabila peran orang tua mengalami kenaikan maka perilaku konsumtif mengalami penurunan. Pengaruh positif peer group terhadap perilaku konsumtif, di mana apabila peer group mengalami kenaikan maka perilaku konsumtif juga akan mengalami kenaikan. Pengaruh negatif financial literacy terhadap perilaku konsumtif, di mana apabila financial literacy mengalami kenaikan maka perilaku konsumtif mengalami penurunan. Saran yang dapat disampaikan antara lain: sebaiknya Orang Tua lebih meningkatkan komunikasi dengan anak dalam hal konsumsi, Siswa hendaknya mampu mengontrol keterikatan mereka pada teman sebayanya, Guru ekonomi sebaiknya memberikan tugas yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan seharihari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumtif, persepsi peran orang tua, peer group, financial literacy.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: nur fatihah unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 18:00
Last Modified: 14 Nov 2015 18:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22551

Actions (login required)

View Item View Item