PENERAPAN MODEL TIME TOKEN BERBANTUAN AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAKUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VC SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG


IIS YUDIS TRISNAWATI, 1401411106 (2015) PENERAPAN MODEL TIME TOKEN BERBANTUAN AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAKUALITAS PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS VC SDN PURWOYOSO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411106-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS memberi bekal kepada siswa untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat, dan kemampuan, serta berbagai bekal untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Latar belakang masalah, guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran, kurang menarik perhatian siswa, belum ada pemerataan kesempatan kepada siswa untuk ikut berkontribusi pada saat pembelajaran. Sebagian siswa tidak ikut berperan serta dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 44%. Rumusan masalah penelitian adalah bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS di kelas VC SDN Purwoyoso 03 Kota Semarang? Tujuan penelitian adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS menggunakan model Time Token berbantuan audiovisual kelas VC SDN Purwoyoso 03 Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VC SDN Purwoyoso 03 Semarang. Variabel penelitian adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 21 kriteria baik, meningkat pada siklus II memperoleh skor 27 kriteria baik dan siklus III meningkat dengan memperoleh skor 34 kriteria sangat baik. (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 15,02 kriteria baik, pada siklus II memperoleh skor 19,66 kriteria baik dan meningkat pada siklus III memperoleh skor 22,85 kriteria sangat baik. (3) Hasil belajar dengan ketuntasan klasikal pada siklus I 60,98%, meningkat pada siklus II menjadi 75,61%, dan siklus III meningkat menjadi 90,24%. Simpulan penelitian adalah penerapan model Time Token berbantuan audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS Kelas VC SDN Purwoyoso 03 Semarang. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru dapat menerapkan model pembelajaran Time Token dan media audiovisual dalam pembelajaran karena dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, model Time Token, audiovisual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 17:49
Last Modified: 14 Nov 2015 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22550

Actions (login required)

View Item View Item