PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN MELALUI MODEL PBL DENGANMEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV

SILVIA WULAN SARI , 1401410333 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN MELALUI MODEL PBL DENGANMEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (10Mb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalahdata hasil belajaryangmenunjukkan 61% siswa tidak mencapai ketuntasan klasikal pada keterampilan menulis tema Indahnya Kebersamaan. Pembelajaran yang dilaksanakan masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dan tidak dapat menuangkan idedan gagasan dengan baik. Rumusan masalah adalahbagaimanakah cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswapada pembelajaran keterampilan menulis tema Indahnya Kebersamaan siswa kelas IVA SD Isriati Baiturrahman 1 Semarang?Tujuan penelitianuntuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswapada pembelajaran keterampilan menulis tema Indahnya Kebersamaan siswa kelas IVA SD Isriati Baiturrahman 01 Semarang. Rancangan penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IVA SD Isriati Baiturrahman 01 Semarang.Teknik pengumpulan data menggunakan tekhniktes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptifkuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian: (1) Keterampilan guru pada siklus satu memperoleh skor 20 dengan kriteria baik, siklus dua skor 27 dengan kriteria baik, siklus tiga skor 32kriteria sangat baik; (2) Aktivitas siswa siklus satu memperoleh skor 15,7kriteriacukup, siklus duarata-rata skor 19,5kriteria baik, siklus tiga skor 25,15ktiteria sangat baik;(3) Hasil belajar sikap spiritualsiklus satumendapat ratarata 4,6kri-teria cukup, siklus duarata-rata 5,45kriteria baik, siklus tigarata-rata 6,6kriteria baik;(4) Hasil belajar sikap sosialsiklus satumendapat rata-rata 6,85kriteria ba-ik, siklus duarata-rata 8,05kriteria baik, siklus tigarata-rata 8,65kriteria baik; (5) Hasil belajar aspek pengetahuansiklus satumendapat ratarata 79.17ketuntasan klasikal 58,53 siklus duarata-rata 73,95ketuntasan klasikal 70,07 dan siklus tigarata-rata 79,17ketuntasan klasikal 80,48;(6) Hasil belajar keterampilan menulis siklus saturata-rata 65,61ketuntasan klasikal 60,98%, siklus duarata-rata 70,6ketuntasan klasikal 83,17%, dan siklus tigamendapat rata-rata 76,46ketuntasan klasikal 82,93%. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBLdengan media audiovisualdapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVASD Isriati Baiturrahman 01 Semarang.Saran yang diberikan yaituguru harus lebih kreatif dalam membuat media audiovisual dan mencari permasalahan yang akan dijadikan bahan pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis, PBL,audiovisual.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 14 Nov 2015 12:46
    Last Modified: 14 Nov 2015 12:46

    Actions (login required)

    View Item