PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SDN 01 PEKALONGAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Hafizhah Lukitasari, 1401410314 (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISWA KELAS IV SDN 01 PEKALONGAN KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SDN 01 Pekalongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga, ditemukan permasalahan pembelajaran bahwa guru belum menerapkan strategi belajar yang inovatif dengan menstimulus siswa pada pembelajaran berbasis proyek, siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena belum diterapkan media pembelajaran yang memancing ide dan kreatifitas siswa, serta hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal sebesar 28%. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran menggunakan penerapan project based learning berbantuan media mind map pada siswa kelas IV SDN 01 Pekalongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 3 siklus dengan 1 pertemuan di setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Pekalongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada setiap siklus meningkat dengan skor pada siklus I sebesar 22 dengan kriteria “baik”, siklus II sebesar 26 dengan kriteria “baik”, dan siklus III sebesar 30 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa juga meningkat pada setiap siklus dengan skor pada siklus I sebesar 12,8 dengan kriteria “cukup”, siklus II sebesar 15,6 dengan kriteria “cukup, dan siklus III sebesar 15,6 dengan kriteria “baik”. Hasil belajar pada ranah sikap spiritual dan sikap sosial meningkat di setiap siklus dengan perolehan skor berurutan pada siklus I sebesar 5,1 dan 5,5 dengan kriteria “cukup”, siklus II sebesar 5,9 dan 5,8 dengan kriteria “cukup”, dan siklus III sebesar 7,4 dan 6,2 dengan kriteria “baik”. Peningkatan hasil belajar ranah pengetahuan ditunjukan dengan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 58,33%, meningkat pada siklus II sebesar 72,22%, dan meningkat pada siklus III sebesar 88,89%. Peningkatan hasil belajar ranah keterampilan ditunjukkan dengan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 63,89%, meningkat pada siklus II sebesar 77,78%, dan meningkat pada siklus III sebesar 86,11%. Simpulan dari penelitian ini bahwa penerapan project based learning berbantuan media mind map dapat meningkatkan kualitas pembelajaran meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 01 Pekalongan Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah dapat mengembangkan keterampilan mengajar meliputi model, metode, dan media lainnya yang digunakan dengan muatan pelajaran apapun.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran; project based learning
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 14 Nov 2015 11:00
    Last Modified: 14 Nov 2015 11:00

    Actions (login required)

    View Item