PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF DI KELAS IV SD WONOSARI 02 SEMARANG


VITA AJENG RIZKY MAHARANI , 1401410303 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF DI KELAS IV SD WONOSARI 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401410303-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SD Wonosari 02 Semarang, peneliti menemukan adanya permasalahan pembelajaran tematik pada muatan pelajaran matematika. Guru belum mengajak siswa untuk berfikir konkrit, masih tampak pergantian antar pelajaran, dan guru belum memanfaatkan media yang menarik sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Sebanyak 26 dari 40 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM muatan pelajaran matematika yaitu 63. Berdasarkan masalah tersebut, maka diadakan perbaikan pembelajaran melalui tema selalu berhemat energi berbantuan media Interaktif. Penggunaan media Interkatif dalam pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Selain menggunakan media interaktif peneliti juga menerapkan pendekatan Scientific dalam pembelajaran seperti menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: Bagaimanakah meningkatkan kualitas pembelajaran dengan berbantuan media Interaktif di kelas IV SD Wonosari 02 Semarang? Adapun tujuan dalam penelitian ini, yaitu dengan berbantuan media Interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dalam tema Selalu Berhemat Energi Di Kelas IV SD Wonosari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Wonosari 02 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku guru pada siklus 1 memperoleh rata-rata skor 19 dengan kategori baik dan pada siklus 2 rata-rata skor yaitu 24,5 dengan kategori sangat sangat baik; (2) Perilaku belajar pada siklus 1 memperoleh rata-rata skor 17,2 dengan kategori baik dan pada siklus 2 rata-rata skor yaitu 23,4 dengan kategori sangat baik; (3) Iklim pembelajaran pada siklus 1 rata-rata skor yang diperoleh yaitu 4,5 dengan kategori baik dan pada siklus 2 rata-rata skor yaitu 6,5 dengan kategori sangat baik; (4) Materi pembelajaran pada siklus 1 memperoleh rata-rata skor 7,5 dengan kategori baik dan pada siklus 2 rata-rata skor yang diperoleh yaitu 10,5 dengan kategori sangat baik. (5) Madia pembelajaran pada siklus 1 memperoleh rata-rata skor 5,5 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus 2 rata-rata skor yang diperoleh yaitu 7,5 dengan kategori sangat baik; (6) Kompetensi siswa mengalami peningkatan yang terdiri dari kompetensi pengetahuan dengan ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 70% dan pada siklus 2 mencapai 87,5%; kompetensi sikap spiritual siklus 1 mendapatkan modus 3 kategori baik dan pada siklus 2 mendapatkan modus 4 kategori sangat baik; sikap sosial pada siklus 1 mendapatkan modus 2 kategori cukup dan siklus 2 mendapatkan modus 3 kategori baik; kompetensi keterampilan siklus 1 memperoleh capaian optimum 4 dengan kategori A dan pada siklus 2 memperoleh capaian optimum 4 dengan kategori A. Simpulan penelitian ini adalah melalui tema selalu berhemat energi berbantuan media interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas IV SD Wonosari 02 Semarang. Saran dari peneliti, yaitu hendaknya guru menggunakan media yang inovatif salah satunya adalah media interaktif. Kata Kunci : media interaktif, selalu berhemat energi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media interaktif, selalu berhemat energi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 15:57
Last Modified: 14 Nov 2015 15:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22547

Actions (login required)

View Item View Item