PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN MATERI KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN BRINGIN 02 SEMARANG


YOSI GUMALA , 1401410236 (2014) PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN MATERI KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN BRINGIN 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401410236-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Bringin 02 Semarang belum efektif. Hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 40%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan media CD Pembelajaran interaktif pada tema indahnya kebersamaan materi keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Bringin 02?. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media CD pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan ketuntasan belajar pada tema indahnya kebersamaan untuk keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Bringin 02. Metode penelitian pengembangan yang digunakan terdiri dari: 1) pengumpulan data, 2) design produk, 3) validasi design, 4) revisi design, 5) uji coba produk, 6) revisi produk, 7) uji coba pemakaian, 8) revisi produk. Pengembangan media CD Pembelajaran interakif tema indahnya kebersamaan ini di uji cobakan kepada siswa kelas IV dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD Bringin 02 Semarang pada materi menulis narasi. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa instrumen antara lain: angket (ahli media, ahli materi, siswa, guru) dan tes (pre test dan post test). Teknik analisis data yang dgunakan antara lain: tanggapan ahli materi, bahasa, media dan siswa dengan menggunakan kriteria keberhasilan hasil belajar. Pre test dan post test digunakan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan CD Pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penilaian validator ahli materi dan bahasa skor 3,65 kriteria layak, dan validator ahli media dengan skor 3,68 kriteria layak. 2) 76% siswa mendapatkan nilai akhir lebih dari 67, dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 90, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 76,5. 3) hasil perhitungan uji t dengan taraf signifikansi 5% dan db 30 mendapatkan nilai 14,96., nilai ini lebih besar dari nilai t tabel yaitu 2,04. Simpulan penelitian ini adalah melalui pengembangan CD pembelajaran interaktif pada tema indahnya kebersamaan materi keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Bringin 02 Semarang terdapat pengaruh pemberian media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Peneliti memberikan saran kepada guru agar media CD pembelajaran interaktif dapat digunakan sebagai altelnatif dalam pembelajaran tematik dikelas IV SD. Kata kunci: media, menulis, narasi, CD pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, menulis, narasi, CD pembelajaran.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 15:52
Last Modified: 21 Nov 2015 23:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22546

Actions (login required)

View Item View Item