PENERAPAN MODELMIND MAP BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUKMENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 02SEMARANG

Lia Erfina Fitriani, 1401410176 (2014) PENERAPAN MODELMIND MAP BERBANTUAN MEDIA KOMIK UNTUKMENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 02SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2638Kb)

    Abstract

    Hasil observasi pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang ditemukan bahwa dalam pembelajaran PKn kelas IV, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru,sebagian besar siswa masih berbicara dengan temannya saat pembelajaran berlangsung dan belum memperhatikan materi pelajaran yang diajarkan guru, siswa belum terlatih untuk mengeluarkan pendapat karena guru belum membiasakan membentuk kelompok belajar, dan siswa masih jarang yang melakukan aktivitas membaca, dan kemampuan siswa untuk mengembangkan gagasan-gagasan masih rendah, Siswa mudah lupa untuk mengingat suatu konsep-konsep dalam subsub materi, Pada saat pembelajaran lebih dari 50% siswa sering menulis dan membuat coretan gambar sesuai dengan keinginannya sendiri, guru belum menggunakan model pembelajaran dan media yang menarik sebagai alat bantu dalam pembelajaran, Siswa tidak terlibat langsung dalam pembuatan media belajar.Hal tersebut berdampak pada aktivitas siswa yang minim sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal yaitu dari 36 siswa hanya 2 siswa (5,56%) yang memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakahpenerapan model pembelajaranMind Map berbantuan media komik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran, kualitas materi pembelajaran, kualitas media pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKnkelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran, kualitas materi pembelajaran, kualitas media pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui Model PembelajaranMind Map berbantuan Media Komik di kelas IVSDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang. Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang. Variabel yang diselidiki adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran, kualitas materi pembelajaran, kualitas media pembelajaran dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik tes, dan non tes. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran PKn meningkat. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 26 (baik), siklus II skor rata-rata38 (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 21,86(baik), siklus II skor rata-rata29,64(sangat baik). Kualitas iklim pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata 5,5 (baik), siklus II skor ratarata 7,5 (sangat baik). Kualitas materi pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata 8 (tidak baik), siklus II skor rata-rata 12 (baik). Kualitas media pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata 5,5 (baik), siklus II skor rata-rata6,5 (sangat baik). Hasil belajar kognitif siswa siklus Imemperoleh ketuntasan 44,44%. Dan meningkat pada siklus IImenjadi 83,33%.Hasil belajar psikomotorik siswa siklus I memperoleh ketuntasan 33,33%. Pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil belajar afektif siswa siklus I diperoleh rata-rata skor setiap indikator 28,61(baik) dan rata-rata skor siswa 30,17(sangat baik) dengan persentase ketuntasan 100%. Pada siklus II rata-rata skor setiap indikator33,77 (sangat baik), dan rata-rata skor siswa 33,75 (sangat baik) dengan persentase ketuntasan 100%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Mind Map berbantuan media komikdapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Semarang. Saran bagi guru yaitu model pembelajaran Mind Map berbantuan media komikdapat diterapkan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kata Kunci;Komik, Kualitas Pembelajaran, Mind Map, PKn, SD.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Komik, Kualitas Pembelajaran, Mind Map, PKn, SD.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 14 Nov 2015 10:43
    Last Modified: 21 Nov 2015 18:50

    Actions (login required)

    View Item