PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SD ISLAM AL MADINA SEMARANG


Nopi Susi Susanti, 1401410090 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS IV SD ISLAM AL MADINA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401410090-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal kelas IV SD Islam Al Madina Semarang,ditemukan masalah pada pembelajaran yaitu guru belum menanamkan konsep dengan mengaitkan materi yang akan diajarkan dengan pengalaman nyata yang ada dalam kehidupan seharihari siswa, sehingga 16 dari 23 siswa memperoleh nilai dibawah KKM (67). Persentase ketuntasan klasikal hanya sebesar 30%. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika tema Selalu Berhemat Energi. Pada pendekatan kontekstual meningkatkan motivasi siswa karena pembelajaran berkaitan dengan konteks kehidupan nyata. Rumusan permasalahan umum penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran tema selalu berhemat energi melalui pendekatan kontekstual berbantuan CD Interaktif pada siswa kelas IV SD Islam Al Madina Semarang? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tema selalu berhemat energi melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD Islam Al Madina Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Islam Al Madina Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 24 menjadi 30,5. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 11,6 menjadi 19,25. Media pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 9 menjadi 11,5. Materi pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 9 menjadi 11,5. Iklim pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 5,5 menjadi 7,5. Kompetensi pengetahuan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu ketuntasan belajar secara klasikal 74% menjadi 94%. Kompetensi keterampilan meningkat dari siklus I ke siklus II dengan skor capaian optimum 4. Kompetensi sikap spiritual meningkat dari skor modus 2 menjadi skor modus 3,5 dan sikap sosial meningkat dari skor modus 2 menjadi skor modus 3,5. Simpulan penelitian ini adalah dengan pendekatan Kontekstual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema Selalu Berhemat Energi di kelas IV SD Islam Al Madina Semarang. Saran dari peneliti yaitu hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang inovatif salah satunya adalah pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, pendekatan kontekstual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 15:40
Last Modified: 21 Nov 2015 23:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22544

Actions (login required)

View Item View Item