PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI BERBANTUAN CD INTERAKTIF DI KELAS IV SD TAMBAKAJI 05 SEMARANG


RATNA IDA WARDANI , 1401410009 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI BERBANTUAN CD INTERAKTIF DI KELAS IV SD TAMBAKAJI 05 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401410009-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SD Tambakaji 05 Semarang,ditemukan adanya permasalahan tematik terpadu muatan pembelajaran matematika pada penerapan kurikulum 2013. Pada muatan pelajaran matematikan tema Selalu Berhamat Energi guru sudah menerapkan kurikulum 2013 namun guru belum menerapkan pendekatan yang ilmiah, dan media yang digunakan belum menarik perhatian siswa sehingga siswa kurang fokus dalam pembelajaran, dan lebih asyik bercanda sendiri yang berakibat pada hasil belajar siswa rendah. Rumusan masalah penelitian adalah: Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran tema Selalu Berhemat Energi berbantuan CD Interktif di kelas IV SD Tambakaji 05 Semarang? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing - masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Tambakaji 05 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perilaku guru meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari skor rata – rata 23,5 dengan kategori baik menjadi 28 dengan kategori sangat baik. (2) Perilaku belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu skor rata – rata 13, 5 dengan kategori baik menjadi 16,8 dengan kategori baik. (3) Iklim pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu skor rata – rata 4,5 menjadi 6,5 dengan kategori sangat baik. (4) Materi pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu skor rata – rata 7 dengan kategori baik menjadi 10,5 dengan kategori sangat baik. (5) Media pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu skor rata – rata 7 dengan kategori baik menjadi 10,5 dengan kategori sangat baik. (6) Kompetensi pegetahuan siswa pada siklus I sebesar 73%, meningkat pada siklus II menjadi 87%. (7) Kompetensi keterampilan siswa siklus I memperoleh skor rata – rata 2,96 dengan kategori B meningkat pada siklus II menjadi 3,36 dengan kategori B + . (8) Kompetensi sikap spiritual pada siklus I diperoleh skor modus 1 dengan kategori kurang (K), meningkat pada siklus II menjadi 3 dengan kategori baik (B), kompetensi sikap sosial pada siklus I memperoleh skor modus 2 dengan kategori cukup (C) meningkat pada siklus II menjadi 3 dengan kategori baik (B). Simpulan penelitian ini adalah melalui media CD Interaktif dapat meningkatkan perilaku guru, perilaku belajar siswa, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran dan kompetensi belajar siswa yang meliputi pengetahuan, keterampilan, serta sikap sehingga kualitas pembelajaran tema Selalu Berhemat Energi di Kelas IV SD Tambakaji 05 Semarang meningkat. Saran dari peneliti adalah media CD Interkatif dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada muatan pelajaran dan kelas lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD Interaktif, Selalu Berhemat Energi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 15:36
Last Modified: 14 Nov 2015 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22543

Actions (login required)

View Item View Item