PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBSERVE MAPPING INFORM TO DEVELOP (OMID) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID


Prita Sri Sulastri, 4301410017 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBSERVE MAPPING INFORM TO DEVELOP (OMID) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301410017-s_.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Observe Mapping Inform to Develop (OMID) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada pokok bahasan koloid. Desain eksperimen yang digunakan adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah uji-t hasil belajar kognitif, uji pengaruh model pembelajaran dan uji ketuntasan belajar klasikal. Rata-rata hasil belajar kognitif yang diperoleh kelas eksperimen dan kontrol adalah sebesar 76,64 dan 72,41. Data hasil uji-t dengan nilai tkritis sebesar 1,69 dan taraf signifikan sebesar 5%, kita dapat menarik kesimpulan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai tkritis sehingga model pembelajaran OMID berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diterima. Besar pengaruh yang didapat sebesar 24,10%. Presentase ketuntasan belajar klasikal pada kedua kelas masing-masing sebesar 88,89% dan 80,56%. Data hasil analisis tersebut memberikan kesimpulan bahwa model pembelajaran OMID memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada pokok bahasan koloid.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kimia Siswa; Koloid; OMID; Pengaruh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 14 Nov 2015 15:34
Last Modified: 14 Nov 2015 15:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22542

Actions (login required)

View Item View Item