PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBSERVE MAPPING INFORM TO DEVELOP (OMID) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID
Prita Sri Sulastri, 4301410017 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBSERVE MAPPING INFORM TO DEVELOP (OMID) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Observe Mapping Inform to Develop (OMID) terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada pokok bahasan koloid. Desain eksperimen yang digunakan adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah uji-t hasil belajar kognitif, uji pengaruh model pembelajaran dan uji ketuntasan belajar klasikal. Rata-rata hasil belajar kognitif yang diperoleh kelas eksperimen dan kontrol adalah sebesar 76,64 dan 72,41. Data hasil uji-t dengan nilai tkritis sebesar 1,69 dan taraf signifikan sebesar 5%, kita dapat menarik kesimpulan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai tkritis sehingga model pembelajaran OMID berpengaruh terhadap hasil belajar siswa diterima. Besar pengaruh yang didapat sebesar 24,10%. Presentase ketuntasan belajar klasikal pada kedua kelas masing-masing sebesar 88,89% dan 80,56%. Data hasil analisis tersebut memberikan kesimpulan bahwa model pembelajaran OMID memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada pokok bahasan koloid.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Kimia Siswa; Koloid; OMID; Pengaruh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Unnes Margi Fitriawan |
Date Deposited: | 14 Nov 2015 15:34 |
Last Modified: | 14 Nov 2015 15:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22542 |
Actions (login required)
View Item |