PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI JENIS-JENIS UNSUR TARI NUSANTARA MELALUI TEKNIK MODELLING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PENDAWA 01 KABUPATEN TEGAL


RINI DIAN PRASANTI, 1401409096 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI JENIS-JENIS UNSUR TARI NUSANTARA MELALUI TEKNIK MODELLING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PENDAWA 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401409096-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu pembelajaran dapat diketahui melalui perolehan nilai aktivitas dan hasil belajar siswa. Perolehan nilai siswa kelas IV SD Negeri Pendawa 01 Kabupaten Tegal pada pembelajaran SBK materi Jenis-jenis Unsur Tari Daerah tahun pelajaran 2012/2013 menunjukkan belum mencapai keberhasilan. Hal ini terjadi karena penyampaian materi masih berpusat pada guru yang cenderung menggunakan metode ceramah dan peniruan. Guru perlu menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, “Apakah penerapan teknik Modelling dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran SBK Seni Tari materi Jenis-jenis Unsur Tari Nusantara pada siswa kelas IV SD Negeri Pendawa 01 Kabupaten Tegal?” Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri Pendawa 01 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 26 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, di mana terdapat tes performansi setiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu teknik tes dan non tes. Indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini, yaitu keaktifan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 70%, nilai hasil belajar siswa mencapai standar KKM yaitu minimal 66, dan persentase ketuntasan belajar klasikal minimal 80%, dan nilai performansi guru minimal 71. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 68,60%, rata-rata kelas hasil belajar siswa sebesar 69,49, ketuntasan belajar siswa klasikal 66,67%, dan nilai performansi guru sebesar 74,83 termasuk kategori B. Pada siklus II, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 84,34%, rata-rata kelas hasil belajar siswa sebesar 79,33, ketuntasan belajar siswa klasikal 80,77%, dan nilai performansi guru sebesar 87,82, termasuk kategori A. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan, baik aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa maupun pada performansi guru dari siklus 1 ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik modelling dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Pendawa 01 Kabupaten Tegal. Selain itu, penerapan teknik modelling juga dapat meningkatkan performansi guru dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan khususnya seni tari. Saran yang dapat disampaikan penulis, hendaknya guru selalu memberikan motivasi agar siswa mau berkreativitas dalam proses belajar mengajar sehingga bakat yang dimiliki siswa dapat berkembang secara optimal, salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, hasil belajar, dan teknik modelling.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 15:32
Last Modified: 21 Nov 2015 23:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22541

Actions (login required)

View Item View Item