PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE KELAS IV SD KANDRI 01 SEMARANG


Ummi Ratih Dewanti , 1401409046 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE KELAS IV SD KANDRI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401409046-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi melalui data observasi menemukan adanya pemasalahan tematik terpadu muatan pelajaran Matematika pada penerapan kurikulum 2013 yaitu pembelajaran belum dilakukan secara tematik, menggunakan satu jenis media berupa papan tulis, siswa sulit untuk berkelompok, interaksi sosial siswa rendah, sikap individualisme siswa sangat tinggi, kurangnya waktu siswa dalam berpendapat sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran Matematika memperoleh nilai di bawah KKM. Rumusan masalah penelitian adalah: Bagaimanakah model Think Pair Share dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup kelas IV SD Kandri 01 Semarang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pembelajaran tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup melalui model Think Pair Share kelas IV SD Kandri 01 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Satu siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Kandri 01 Semarang. Teknik pegumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku guru meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 21 menjadi 28. Perilaku belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 13,45 menjadi 18,05. Media pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata skor 8,5 menjadi 10. Materi pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II dari rata-rata skor 9 menjadi 11. Iklim pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II dari rata-rata skor 5 menjadi 6,5. Kompetensi pengetahuan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dengan ketuntasan belajar secara klasikal 67% menjadi 86,5% dengan KKM > 66,75. Kompetensi keterampilan meningkat dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata skor capaian 3,10 menjadi 3,64. Kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial meningkat dari siklus I ke siklus II dengan skor modus 2 dalam kategori cukup (C) menjadi skor modus 3 dalam kategori baik (B). Simpulan penelitian ini adalah melalui model Think Pair Share berbantuan media Audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup kelas IV SD Kandri 01 Semarang. Saran dari peneliti yaitu penerapan model dan media yang lebih variasi untuk mendukung proses pembelajaran kurikulum 2013. Kata Kunci : Think Pair Share, media Audiovisual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, media Audiovisual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 15:29
Last Modified: 21 Nov 2015 23:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22540

Actions (login required)

View Item View Item