HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN DASAR KONSELING (KDK) DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMA NEGERI 1 GODONG TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Fitriana Mahadhita , 1301410052 (2015) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN DASAR KONSELING (KDK) DENGAN MINAT SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DI SMA NEGERI 1 GODONG TAHUN AJARAN 2014/ 2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2228Kb)

    Abstract

    Penelitian ini didasarkan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara pada siswa dan konselor di sekolah SMA Negeri 1 Godong terkait dengan minat siswa mengikuti layanan konseling individu. Minat siswa dalam mengikuti konseling individu dapat dipengaruhi oleh kemampuan konselor. Kemampuan konselor dalam melaksanakan konseling individu berkaitan erat dengan Keterampilan Dasar Konseling (KDK). Masalah penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara Keterampilan Dasar Konseling (KDK) dengan minat siswa mengikuti layanan konseling individu? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara Keterampilan Dasar Konseling (KDK) dengan minat siswa mengikuti layanan konseling individu di SMA Negeri 1 Godong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Godong yang pernah mengikuti layanan konseling individu yang berjumlah 55 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Terdapat 2 variabel dalam penelitian ini, yaitu Variabel Bebas (Keterampilan Dasar Konseling), dan variabel terikat (minat siswa mengikuti layanan konseling individu). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi. Skala KDK berisi pernyataan sebanyak 39 butir, dan skala minat berisi pernyataan sebanyak 38 butir. Uji validitas dengan menggunakan rumus Product Moment. Uji reliabitilitas dengan menggunakan rumus Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan dasar konseling termasuk dalam kategori tinggi (75,49%) dan minat siswa mengikuti layanan konseling individu termasuk kategori tinggi (79,31%). Serta ada hubungan yang signifikan antara keterampilan dasar konseling dengan minat siswa mengikuti layanan konseling individu di SMA Negeri 1 Godong Tahun Ajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang diberikan adalah konselor sekolah seyogyanya mengimplementasikan semua teknik-teknik keterampilan dasar konseling (KDK) dengan baik dan benar serta konselor sekolah agar lebih aktif dalam menjelaskan tentang konseling individu baik itu tujuan dan manfaatnya agar siswa tertarik dan berminat mengikuti layanan konseling individu.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Dasar Konseling, Minat siswa, Layanan Konseling
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 14 Nov 2015 10:17
    Last Modified: 21 Nov 2015 18:15

    Actions (login required)

    View Item