PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 SEMARANG


Anik Mahtun Fajar Rini , 1301410014 (2015) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1301410014-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi selama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan studi pendahuluan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Semarang. Fakta dan data tersebut bahwa siswa memiliki perilaku prososial rendah. Serta masih ada siswa yang memilih untuk berbohong saat ada masalah. Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu dikaji lebih lanjutmengenai pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Semarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bimbingan kelompok memberikan pengaruh yang positif terhadap perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Semarang. Tujuan dari penelitian adalah untuk memperoleh data empiris tentang pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Semarang. Manfaat dari penelitian ini yaitu untuk memberikan pengetahuan mengenai perilaku prososial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Semarang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa yang memiliki perilaku prososial rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala prososial dengan jumlah 52 item yang sebelumnya telah diuji coba sehingga dapat digunakan dalam penelitian. Sedangkan metode analisis data yaitu deskriptif presentase dan uji hipotesis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan sebelum memperoleh layanan bimbingan kelompok, perilaku prososial siswa termasuk dalam kategori sedang (55,14%) kemudian setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok perilaku prososial siswa berada pada kategori tinggi (79,25%). Dari uji Wilcoxon menunjukan bahwa nilai Zhitung = 0 dan Ztabel = 8. Jadi nilai Zhitung < Ztabel. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok memberikan pengaruh yang positif terhadap perilaku prososial siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Semarang. Simpulan dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok memberikan pengaruh yang positif terhadap perilaku prososial siswa kelas VIII SMP negeri 7 Semarang. Saran bagi guru BK lebih memanfaatkan layanan bimbingan kelompok, agar siswa lebih terbuka dalam menyampaikan pendapatnya. Bagi siswa tetap menjaga perilaku prososial yang telah dimiliki. Bagi peneliti berikutnya yang tertarik untuk meneliti mengenai bimbingan kelompok diharapkan menggunakan teknik yang ada dalam bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, perilaku prososial.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: muhammad farhan unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 15:01
Last Modified: 14 Nov 2015 15:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22534

Actions (login required)

View Item View Item