PERAN KELOMPOK BERMAIN DALAM PROSES SOSIALISASI ANAK USIA DINI DI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL
A’an Widiastuti Griya Fitri , 1201411046 (2015) PERAN KELOMPOK BERMAIN DALAM PROSES SOSIALISASI ANAK USIA DINI DI KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan sosialisasi anak usia dini sangat ditentukan oleh bagaimana anak mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan tingkatan umur. Periode emas merupakan periode kritis bagi anak dimana, perkembangan yang anak sangat berpengaruh terhadap perkembangan periode masa dewasa. Kelompok Bermain dapat mengembangkan pribadi seorang anak secara positif dan kreatif. Fokus penelitian terdiri dari peran lembaga, pengelola, pendidik, orangtua wali murid di Kelompok Bermain Bina Ceria dalam mengembangkan sosialisasi anak usia dini yang meliputi unsur; sosial, emosi, bahasa, fisik, kognitif, konsep diri, disiplin, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Metode pengumpulan data penelitian yaitu: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Mendidik anak usia dini menjadi pribadi yang mandiri serta melatih anak dalam bersosialisasi, 2) Peran Kelompok Bermain terutama peran dari lembaga sebagai manajement, pengelola berperan sebagai kepala sekolah dan mengatur upaya peningkatan mutu pendidikan Kelompok Bermain, pendidik berperan mendidik dan membimbing anak, dan orangtua berperan melanjutkan pendidikan dirumah serta mengawasi tingkah laku anak pada saat dilingkungan keluarga maupun masyarakat, 3) Mendapat dukungan dari tokoh masyarakat dan lokasi KB yang strategis mudah dijangkau. Status kepemilikan gedung Kelompok Bermain masih pinjam pakai dan area bermain dan belajar sangat terbatas. Simpulan penelitian yaitu Peran dalam Kelompok Bermain terdiri dari kerjasama antara lembaga, pengelola, pendidik dan orangtua wali murid akan membantu anak dalam proses sosialisasi dengan lingkungannya. Proses sosialisasi yang dilakukan KB tergantung dengan umur peserta didik. Perkembangan anak berbeda-beda setiap umurnya. Proses Kelompok Bermain terhadap Proses Sosialisasi Anak Usia Dini yaitu adalah lembaga, pengelola dan pendidik sudah melakukan tugas-tugasnya, lembaga sebagai management untuk mengatur semua agar proses sosialisasi anak usia dini dapat terlaksanakan, dengan melalui pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat desa kalibogor kecamatan sukorejo tentang pentingnya pendidikan PAUD. Faktor pendukung dan penghambat mendapat dukungan dari tokoh masyarakat, status kepemilikan gedung Kelompok Bermain masih pinjam pakai dan kesejahteraan guru di KB masih belum tercukupi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Sosialisasi, Anak Usia Dini, Kelompok Bermain. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | muhammad farhan unnes |
Date Deposited: | 14 Nov 2015 14:54 |
Last Modified: | 21 Nov 2015 22:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22533 |
Actions (login required)
View Item |